STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

SITI ROBIATUL MUBAROKAH, 12201183357 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Hybrid Learning Pada Peserta Didik di SMK Negeri 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Siti Robiatul Mubarokah, NIM.12201183357, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Hybrid Learning Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pembelajaran guru yang akan diterapkan dalam proses belajar mengajar dimasa pandemi. Hybrid learning merupakan pembelajaran yang efektif untuk digunakan pada masa transisi menuju keadaan normal, pembelajaran ini menggabungkan pembelajaran luring dengan pembelajaran daring. Hal ini bertujuan untuk membantu kegiatan belajar mengajar dalam menyerap informasi baru serta mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Boyolangu? 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam melaksanakan hybrid learning pada pembelajaran PAI? 3) Bagaimana assesment pembelajaran hybrid learning pada pelajaran PAI bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Boyolangu?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di SMK 1 Boyolangu. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data menggunakan (1) Kreadibilitas (creadibility), (2) Keteralihan (transferability), (3) Ketertarikan (dependability), (4) Kepastian (confirmability). Hasil penelitiannya: 1) Konsep pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu . Pertama, memadukan antara pembelajaran luring dan daring. Secara teknik praktis sistem yang digunakan adalah berdasar presensi ganjil genap dengan rincian 50% luring dan 50% daring serta menerapkan protokol kesehatan. Kedua, guru menerapkan sistem pembelajaran secara tatap muka sekaligus memberlakukan sistem pembelajaran berbasis pada e-learning dalam setiap pertemuan. Ketiga, guru memberikan solusi pada pembelajaran hybrid learning untuk peserta didik yang kesulitan mengakses e-learning, dengan menggunakan google clasroom atau whatsapp. 2) Strategi guru dalam melaksanakan hybrid learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Strategi cooperative dan inquiry learning; 3) Assesment pembelajaran hybrid learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Boyolangu adalah assesmen formatif, assesment diagnosis, dan assesment sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Daring
Pendidikan > Luring
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183357 SITI ROBIATUL MUBAROKAH
Date Deposited: 17 Jun 2022 13:54
Last Modified: 17 Jun 2022 13:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26276

Actions (login required)

View Item View Item