SHOLIKAH, AMINATUS (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA DI SDN KACANGAN II TAHUN 2015. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (492kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Pada Siswa SDN Kacangan II Tahun 2015” ini ditulis oleh Aminatus Sholikah NIM. 3211113037, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Kepribadian Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena pada lingkungan pendidikan yan dihadapkan kepada tantangan zaman yang lebih berat dimana seorang anak mulai menginjak remaja jiwanya terdapat kepribadian yang dia bawa dari keluarga dan juga guru yang mengajarnya. Apabila pendidikan anak kurang serasi dikarenakan kondisi ekonomi keluarga, kurang kesadaran dari orang tua dan pengaruh lingkungan yang kurang mendukung kepribadian mereka. Maka peran dari Guru itu sangat penting dalam pembentukan kepribadian tersebut, di SDN Kacangan II para Guru memaksimalkan mungkin untuk dapat membentuk kepribadian muslim pada siswanya sehingga dimasa yang akan datang dapat menjadi contoh yang baik. Fokus penelitian dalam masalah skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Guru Pendidikan Agama islam dalam upaya membentuk kepribadian muslim pada siswa di SDN Kacangan tahun 2015? 2) Bagaimana pelaksanaan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam memebntuk kepribadian muslim pada sisw di SDN Kacangan II tahun 2015? 3) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa di SDN Kacangan II tahun 2015? .Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya membentuk kepribadian muslim pada siswa di SDN Kacangan II tahun 2015. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa di SDN Kacangan II tahun 2015. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa di SDN Kacangan II tahun 2015. Skripsi ini bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan juga data dokumentasi dengan menggunakan tehnik analisis data deskriptif yang berlangsung bersamaan dengan proses pengumpulan data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa yaitu merencanakan program kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk membiasakan akhlak terpuji pada siswa, perencanaan membuat komunitas yang baik sesama siswa, perencanaan membuat sangksi atau hukuman bagi siswa melalui tata tertib sekolah. Sedangkan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim yaitu pertama : melalui pendidikan yang bertujuan mengutamakan Pendidikan Agama Islam. Kedua : melalui bimbingan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa seoptimal mungkin dan membantu siswa agar memahami dirinya serta merealisasikan dirinya. Ketiga : melalui pembiasaan mengontrol siswa itu lebih terarah menjalani kehidupan. Keempat : melalui hukuman bertujuan untuk menjadikan siswa agar berbuat dan beritindak dengan baik dan tidak akan menguangi kesalahan yang siswa perbuat. Adapun faktor penghambat upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa yaitu kesadaran orang tua, kesadaran anak didik, pengaruh lingkungan serta pengaruh tayangan televisi. Faktor pendukungnya yaitu adanya sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan dan ekstra yang dapat membantu dalam pembentukan kepribadian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AMINATUS SHOLIKAH |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 03:45 |
Last Modified: | 17 Nov 2015 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |