Chumairo, Heny Latifatul (2014) Penerapan Sistem Full Day School di SD Islam Al- Azhaar Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I heni Mei 2014.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II heni Mei 2014,.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III heni 08 Mei 2014.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
1 daftar rujukan sementara.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “” ini ditulis oleh ’, NIM: 3211103009, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung tahun 2014, dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Kata Kunci : penerapan sistem, full day school. Penelitian di dalam skripsi ini dilatar belakangi dari alasan yang pertama, sistem full day school itu banyak diterapkan di sekolah unggulan. Yang kedua, di sekolah yang menerapkan sistem full day school banyak variasi dari kegiatannya. Sehubungan dengan ini, penulis memilih SD Islam Al-Azhaar sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan di lembaga tersebut juga mengoptimalkan penerapan sistem full day school. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai 1) mengapa sistem full day school diterapkan di SDI Al-azhaar, 2)Bagaimana penerapan sistem full day school di SDI Al-azhaar, 3)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sistem full day school. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui alasan sistem full day school diterapkan di SDI Al-azhaar, mengetahui penerapan sistem full day school di SDI Al-azhaar, dan faktor pendukung penghambat dalam penerapan sistem full day school yang ada di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah SD Islam Al- Azhaar yang berlokasi di Jl. Pahlawan Gg. I Rejoagung Kedungwaru kabupaten Tulungagung. Kehadiran peneliti di sini berperan sebagai instrument utama sekaligus sebagai pengumpul data. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, foto. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan mencatat data, mengumpulkan dan memilah-milah data, berfikir (agar data yang diperoleh mempunyai makna). Pengecekan keabsahan data dengan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Tahap-tahap penelitiannya melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penyelesaian. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa penerapan sistem full day school di SD Islam Al-Azhaar yang pertama, ada 2 faktor mengapa sistem ini dipilih yaitu faktor intern dari lembaga sendiri, sedangkan Faktor eksterns dari keinginan Wali Santri yang sangat menginginkan adanya TK dan SD Islam (pendidikan formal) dengan sistem full day school. Yang kedua, sistem full day school-nya: 1)Tujuannya adalah membina generasi yang memiliki kemampuan akademis tinggi dengan dibarengi akhlakul karimah. 2) Materinya yaitu dari kurikulum KTSP, kurikulum khas, ektrakurikuler, tambahan kegiatan santri. 3) Pendidiknya mempunyai kriteria yang bisa diteladani anak didik, bijaksana, sabar serta mampu bersosialisasi dengan masyarakat. 4) Anak didiknya mempunyai karakter berakhlakul karimah dan membiasakan ibadah, mempunyai nilai kebersamaan sesama teman. Penerapan sistem full day school tersebut: 1) dari segi waktu anak masuk pukul 07.00-07.30 membaca Al-Qur’an. Pukul 07.30-11.30 diisi dengan mata pelajaran dan istirahat pukul 09.30-10.00, pukul 11.30-13.00 untuk sholat dan makan, dan 30 menit sebelum kepulangan dibiasakan membaca Al-Qur’an. 2) Dari segi integrated kurikulumnya menggunakan kurikulum KTSP, dikaitkan dengan visi misi dan kurikulum khas. 3) dari segi integrated activitasnya pada jam efektif digunakan untuk pembelajaran, pada jam istirahat anak-anak untuk mengambil air wudlu dan digunakan untuk sholat dhuha. Yang ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaanya, yaitu: faktor pendukungnya adalah kurikulum, manajemen pendidikan dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik dan sarana prasarana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 03:37 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/263 |
Actions (login required)
View Item |