STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI SD CREATIVE KARANGAN TRENGGALEK

DIAH WAHYU FITRIANI, 12205173318 (2022) STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI SD CREATIVE KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Startegi Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Madrasah Diniyah Takmiliyah di SD Creative Karangan Trenggalek”, ditulis oleh Diah Wahyu Fitriani, NIM 12205173318, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dan dibimbing oleh Bapak Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Karakter Religius dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Perkembangan zaman yang berpengaruh terhadap karakter generasi muda. Karakter sangat penting sebagai perisai dalam menghadapi perkembangan teknologi dan globalisasi. Sehingga sangat perlu untuk menanamkan karakter kepada anak, utamanya pada usia sekolah dasar. Salah satu nilai karakter yang perlu ditanamkan sejak dini adalah karakter religius. Lemahnya karakter religius, mengakibatkan banyak ditemui kemerosotan perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti: kurangnya sopan santun, malas beribadah, ketergantungan terhadap gawai dan masih banyak lagi. Perlu sekiranya untuk membentengi diri dengan memperbaiki karakter religius sejak dini. Maka dari itu, diperlukan strategi agar dapat membentuk karakter religius siswa dengan baik. Pada penelitian ini, peneliti mendeskripsikan tentang strategi pembentukan karakter religius siswa melalui madrasah diniyah takmiliyah di SD Creative Karangan Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembentukan karakter religius siswa melalui pembelajaran di madrasah diniyah takmiliyah SD Creative Karangan Trenggalek?, 2) Bagaimana pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan di madrasah diniyah takmiliyah SD Creative Karangan Trenggalek?, 3) Bagaimana pembentukan karakter religius siswa melalui keteladanan di madrasah diniyah takmiliyah SD Creative Karangan Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan temuan dilakukan dengan uji kredibilitas melalui perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, serta triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian diketahui: 1) Pembentukan karakter religius siswa melalui pembelajaran di madrasah diniyah takmiliyah SD Creative dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, melalui kitab-kitab pembelajaran madin, dengan materi kompetensi utama (MKU): Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, SKI/Tarikh, Bahasa Arab, Nahwu dan Shorof; kemudian materi kompetensi Keahlian (MKK) seperti: tahfidz; serta materi kompetensi pendukung (MKP) meliputi aswaja dan praktek ibadah. Kegiatan pembelajaran diawali dengan doa’ sebelum pelajaran, lalaran nadzom, kemudian penyampaian materi pelajaran yang juga diselingi dengan nasihat dan motivasi, serta ditutup dengan do’a setelah belajar. Evaluasi pembelajaran yang diterapkan adalah dengan ujian tulis, praktek serta hafalan. 2) Pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan diantarannya adalah: pembiasaan Sholat Dhuha dan Sholat Dhuhur berjamaah, pembiasaan tadarus Al-Qur’an, pembiasaan One Day Five Hundred (ODFH) dan pembiasaan tawadhu’ pada guru. 3) Pembentukan Karakter religius siswa melalui keteladanan yang diterapkan adalah dengan: keteladanan guru mengikuti sholat berjamaah, keteladanan berpakaian, serta keteladanan sikap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173318 Diah Wahyu Fitriani
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:41
Last Modified: 21 Jun 2022 05:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item View Item