HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR TEMATIK MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA KELAS IV MIN 2 TULUNGAGUNG

SITI JAUHAROTUL MA’RIFAH, 12205183087 (2022) HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR TEMATIK MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA KELAS IV MIN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Partisipasi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Pada Siswa Kelas IV MIN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Jauharotul Ma’rifah, NIM.12205183087, pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Partisipasi Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merebaknya penyebaran Covid-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia yang berdampak pada bidang pendidikan. Pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka di sekolah mengalami perubahan menjadi pembelajaran jarak jauh secara daring. Hal ini mengharuskan guru, siswa, dan orang tua beradaptasi dengan kondisi tersebut. Selama pembelajaran jarak jauh dari rumah orang tua memiliki peran yang besar. Partisipasi orang tua terhadap pembelajaran siswa diharapkan mampu memotivasi belajar anak dalam mengikuti pembelajaran tematik, sehingga dapat menunjang prestasi belajar dan proses pembelajaran jarak jauh dari rumah dapat berjalan secara optimal. Partisipasi orang tua yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk fisik dan nonfisik. Partisipasi fisik yang dapat dilakukan berupa penyediaan fasilitas tempat belajar dan pemberian alat bantu belajar di rumah. Sedangkan partisipasi non fisik dapat berupa pemberian bimbingan dan arahan kepada anak serta pemberian motivasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana tingkat partisipasi orang tua dan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung? (2) Adakah hubungan antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung? (3) Seberapa besar hubungan antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel jenis probability sampling dengan tipe simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini antara lain tabulasi data, uji validitas dan reabilitas data, deskripsi data, uji normalitas data, uji linieritas data, pengujian hipotesis dengan uji korelasi dan uji determinasi, dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat partisipasi orang tua siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung melalui pembelajaran jarak jauh berada pada kategori tinggi. Hal ini diketahui berdasarkan kategori subjek menunjukkan bahwa sebanyak 29 siswa (67%) dari jumlah sampel sebanyak 43 siswa, memiliki partisipasi orang tua berada pada kategori tinggi. Kategori ini menunjukkan bahwa sebagian besar subjek penelitian memiliki partisipasi orang tua yang baik. Sama halnya dengan partisipasi orang tua, tingkat motivasi belajar tematik pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung melalui pembelajaran jarak jauh juga berada pada kategori tinggi. Hal tersebut karena berdasarkan kategori subjek menunjukkan bahwa sebanyak 33 siswa (77%) dari jumlah sampel sebanyak 43 siswa, memiliki motivasi belajar berada pada kategori tinggi. Kategori ini menunjukkan bahwa sebagian besar subjek penelitian memiliki motivasi belajar yang baik. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung dengan hasil korelasi partisipasi orang tua dengan motivasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai r = 0,611 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Dalam hal ini dapat dipahami semakin tinggi / besar partisipasi orang tua yang diterima oleh siswa selama pembelajaran jarak jauh, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Besar hubungan partisipasi orang tua dengan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung bila dinyatakan dalam persentase bernilai 37,3% dengan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,611 yang tergolong kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tingkat partisipasi orang tua dan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung berada pada kategori tinggi. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi orang tua dengan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung. (3) Besar hubungan partisipasi orang tua dengan motivasi belajar tematik melalui pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV MIN 2 Tulungagung tergolong kuat berdasarkan koefisien korelasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183087 SITI JAUHAROTUL MA’RIFAH
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:38
Last Modified: 23 Jun 2022 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item