IBNU SAMAK, 12204173146 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI FUNGSI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (614kB) |
||
Text
ABTRAK.pdf Download (203kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Power Point pada Materi Fungsi Peserta Didik kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung “ ini ditulis oleh Ibnu Samak, NIM 12204173146 dengan dosen pembimbing Dr. Dewi Asmarani M.Pd Kata kunci : Pengembangan, Power Point. Materi Fungsi Media pembelajaran merupakan suatu hal yang berbentuk alat fisik yang digunakan sebagai alat bantu peserta didik dalam memahami materi. Media pembelajaran juga membantu mempermudah pendidik/guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan berdasarkan KI, KD, dan indikator. Media pembelajaran ini juga berperan dalam perkembangan teknologi di sekolah, karena dengan menggunakan powerpoint berbentuk aplikasi android tidak hanya untuk ujian tapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media power point ini perlu dikembangkan agar perkembangan teknologi pada MTsN 7 Tulungagung dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajarnya, terlebih lagi pada tahun ajaran 2021/2022 proses pembelajaran dilakukan secara daring (online). Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan langkah langkah pengembangan media pembelajaran matematika berbasis powepoint pada materi Fungsi kelas VIII yang valid. (2) untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran matematika dalam bentuk aplikasi android pada materi Fungsi kelas VIII yang valid, efektif, dan efisien. Produk aplikasi android ini dapat digunakan secara offline, sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh peserta didik, pendidik/guru, dan pengguna lainnya. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall yang memiliki sepuluh langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data, perecanaan, penyusunan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan kecil, revisi uji coba lapangan kecil uji coa lapangan besar, peyempurnaan produk, diseminasi. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan angket validasi terhadap media powerpoint, angket respon peserta didik dan guru,tes dan observasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) langkah pengembangan media pembelajaran matematika berbasis powerpoint sebagai berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) media pembelajaran matematika dalam bentuk power point yang dihasilkan dinyatakan valid, efektif, dan efisien dengan nilai validasi sebesar 3,5 oleh ahli media, 3,55 oleh ahli materi, 92,5% oleh pengguna, nilai rata-rata kepraktisan produk sebesar 85,74%, peserta didik yang nilainya di atas KKM sebesar 95%,. Berdasarkan nilai nilai tersebut maka dapat diambil keputusan bahwa media powerpoint layak untuk digunakan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173146 Bismillah2022 |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:49 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26358 |
Actions (login required)
View Item |