MILA ROSA, 12207183033 (2022) MANAJEMEN SCHOOL EMPOWERING PROGRAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMA ISLAM KEPANJEN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen School Empowering Program dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Islam Kepanjen”. Di tulis oleh Mila Rosa, NIM. 12207183033, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen School Empowering Program, Kualitas Pendidikan Manajemen School Empowering Program merupakan suatu proses pengelolaan dalam SEP yang berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dalam segala aspek meliputi sumber daya manusia, fasilitas, dana dan sumber daya lainnya yang dimiliki oleh lembaga secara optimal agar tercapainya suatu tujuan yang sudah ditentukan. Dengan adanya manajemen SEP ini diharapkan kualitas pendidikan di SMA Islam Kepanjen dapat semakin meningkat ditandai dengan banyaknya prestasi yang didapatkan oleh peserta didik. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam terkait manajemen SEP dalam meningkakan kualitas pendidikan di SMA Islam Kepanjen. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan SEP di SMA Islam Kepanjen? (2) Bagaimana pengorganisasian SEP di SMA Islam Kepanjen? (3) Bagaimana pelaksanaan SEP di SMA Islam Kepanjen? (4) Bagaimana pengendalian SEP di SMA Islam Kepanjen?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis yang bertujuan untuk mendeskripsikan, menggali dan menjelaskan suatu gejala-gejala dan fakta-fakta sosial yang unik dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu riset lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer dihasilkan dari wawancara dengan narasumber sedangkan data sekunder dihasilkan dari observasi dan dokumentasi. Sumber data diambil dari kepala sekolah SMA Islam Kepanjen, wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA Islam Kepanjen, ketua SEP, guru SEP dan perwakilan peserta didik. Dalam menganalisis data peneliti melakukan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dengan cara mencari tahu dan mencari kebenaran data terhadap sumber yang sama melalui teknik yang berbeda yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan SEP terdapat beberapa macam perencanaan diantaranya adalah penyusunan visi, misi dan tujuan SEP; pengumpulan data dan informasi mengenai sumber daya yang dimiliki; penyusunan strategi; program kerja; penganggaran serta kerjasama dengan lembaga lain. (2) Pengorganisasian SEP meliputi penyusunan kepengurusan, pembagian kerja, penyusunan jadwal, pengadaan sarana dan prasarana, penyusunan bahan ajar serta pengelompokkan peserta didik. (3) Pelaksanaan SEP melalui dua cara yaitu pembelajaran dan pengembangan. (4) Pengendalian SEP melalui pengawasan dan evaluasi baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183033 mila rosa |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26361 |
Actions (login required)
View Item |