IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V MI THORIQUL HUDA KROMASAN

FARIDATUL FITRIAH, 12205183082 (2022) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V MI THORIQUL HUDA KROMASAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Thoriqul Huda Kromasan” yang ditulis oleh Faridatul Fitriah, NIM. 12205183082, di bimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag Kata Kunci : Implementasi, Metode Problem Solving, Keaktifan Belajar, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan perkembangan zaman dengan adanya pembaharuan kurikulum yang awalnya sistem pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Kurikulum ini menekankan kepada pemakaian organisasi kurikulum terpadu dengan penggabungan beberapa pelajaran menggunakan tema. Maka dalam pembelajaran tematik diperlukan penerapan metode pembelajaran. Guru MI Thoriqul Huda Kromasan menggunakan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keaktifan belajar dan berpikir kritis siswa. Upaya meningkatkan keaktifan belajar dan berpikir kritis melalui metode problem solving diadakan agar siswa mampu memecahkan suatu permasalahan yang ada dalam pembelajaran dengan sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Perencanaan Implementasi Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Thoriqul Huda Kromasan, (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Implementasi Metode Problem Solving Dlam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Thoriqul Huda Kromasan, (3) Mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Metode Problem Solving Dlam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Thoriqul Huda Kromasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya Kepala Sekolah MI Thoriqul Huda Kromasan, Waka Kurikulum MI Thoriqul Huda Kromasan, Waka Kesiswaan MI Thoriqul Huda Kromasan, Guru Kelas V MI Thoriqul Huda Kromasan dan Siswa Kelas V di MI Thoriqul Huda Kromasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kepercayaan (ketekunan pengamatan dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan metode problem solving dalam pembelajaran tematik terpadu dilakukan dengan merencanakan kurikulum, menyusun rencana pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKPD) dan media pembelajaran, menyiapkan sarana prasarana yang mendukung, dan menyiapkan ketenagaan yang berkompenten baik dari segi ilmu dengan mewajibkan memiliki sertifikat sertifikasi guru. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode problem solving dilakukan dengan melalui tahapan klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, evaluasi dan pemilihan serta implementasi. (3) Evaluasi pembelajaran dengan metode problem solving dilakukan dengan melaksanakan evaluasi kemampuan setiap akhir pembelajaran dan mengadakan ulangan harian, Penilaian Akhir Semeser (PTS), dan ujian akhir semester, serta melakukan evaluasi peningkatan keaktifan belajar dan berpikir kritis dilihat dari kegiatan diskusi, praktek atau pengamatan yang dilakukan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183082 FARIDATUL FITRIAH
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:18
Last Modified: 23 Jun 2022 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item