SUSTIKANANDA EMILDAYANTI, 12205183240 (2022) UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN PROGRAM LITERASI DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (192kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (626kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (241kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Membangun Program Literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Sustikananda Emildayanti, NIM. 12205183240, pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci : Upaya Guru, Program Literasi, Gerakan Literasi Sekolah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kegiatan program literasi dapat membangun dan mengembangkan karakter yang dibutuhkan siswa. Lokasi penelitian terletak di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, program literasi di MI Thoriqul Huda menjadi ikon Madrasah sebagai wadah untuk mengembangkan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, 2) Mendeskripsikan karakter siswa yang terbentuk melalui program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, 3) Mendeskripsikan kendala yang dialami oleh guru dalam membangun program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yaitu meneliti fenomena secara mendalam dengan mengkaji latar belakang, dan interaksi yang terjadi. Peneliti merupakan instrumen kunci dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data hasil penelitian diuji dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung adalah a) Kegiatan pada awal pembelajaran, b) Membuat hasil karya, c) Kunjungan ke perpustakaan, d) Penerapan sudut baca dan teras baca, e) Kegiatan perlombaan literasi, f) Membuat jadwal terstruktur, g) Membuat lingkungan literasi. 2) Karakter siswa yang terbentuk melalui program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung meliputi karakter religius, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, dan tanggungjawab. 3) Kendala yang dialami oleh guru dalam membangun program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung adalah a) Pembinaan guru yang kurang optimal, b) Rendahnya minat baca siswa, c) Rendahnya motivasi siswa, d) Alokasi Waktu yang terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keberhasilan pelaksanaan program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung dapat dikatakan masih belum maksimal dikarenakan beberapa kendala yang dialami oleh guru dan siswa, namun dengan upaya yang dilakukan oleh guru pelaksanaan program literasi di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung berhasil membangun beberapa karakter baik untuk siswa diantaranya karakter religius, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, dan tanggungjawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pembiasaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183240 SUSTIKANANDA EMILDAYANTI |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:35 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26394 |
Actions (login required)
View Item |