STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FAHRUDIN, 17201163287 (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Fahrudin, NIM 17201163287, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahro M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pelaksanaan, Hambatan, Solusi, Pembelajaran Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Tulungagung yang sebelumnya sudah menarik dan mampu meningkatkan kompetensi keagaman Islam peserta didik harus berubah oleh kondisi pandemi Covid-19 yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksaanaan strategi guru PAI dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan strategi yang dihadapi oleh guru PAI dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung? (3) Bagaimana solusi strategi yang dilakukan oleh guru PAI untuk mengatasi hambatan strategi yang dihadapi dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pelaksanaan strategi guru PAI dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung dilaksanakan melalui pengkombinasian berbagai jenis strategi dalam sistem pembelajaran PAI daring-luring sesuai tahapan, prinsip, dan komponennya. (2 Hambatan strategi yang dihadapi oleh guru PAI dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung adalah rendahnya penguasaan guru PAI terhadap teknologi pembelajaran berbasis internet; rendahnya minat, motivasi, kedisiplinan, dan kesulitan belajar pada siswa; keterbatasan perangkat (laptop, handphone) dan jaringan serta kuota internet; dan adanya pembatasan sosial serta kurangnya dukungan dan pengawasan orang tua. (3) Solusi strategi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi hambatan strategi yang dihadapi dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Tulungagung adalah meminta pelatihan TIK (Tekonologi Informasi dan Komunikasi); melakukan variasi dalam pelaksanaan strategi, menasihati atau menegur siswa; mengupayakan sistem luring dan bantuan kuota internet; dan mengembangkan laporan ibadah dan berkoordinasi dengan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163287 MUHAMMAD FAHRUDIN
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:40
Last Modified: 01 Jul 2022 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26407

Actions (login required)

View Item View Item