MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR

NORA RAHMA AULIYA, 12207183126 (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Manajemen Pembinaan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Peserta Didik di MAN Kota Blitar” yang ditulis oleh Nora Rahma Auliya NIM 12207183126, jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci : Manajemen Pembinaan Peserta Didik, Prestasi Akademik dan Non-Akademik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang terjadi di MAN Kota Blitar yang mana adanya manajemen pembinaan peserta didik di MAN Kota Blitar diharapkan menjadikan peserta didik mendapatkan pembinaan yang baik untuk meningkatkan dan mengembangkan kemempuan peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik. Berkaitan dengan itu, peneliti bertujuan melakukan penelitian di MAN Kota Blitar karena sekolah ini merupakan lembaga yang mempunyai kualitas peserta didik yang unggul dan banyak memperoleh prestasi. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana implementasi pembinaan peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di MAN Kota Blitar? 3) Bagaimana evaluasi pembinaan peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di MAN Kota Blitar? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MAN Kota Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang diambil bersumber dari kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang kurikulum, koordinator dan guru BK, serta pembina ekstrakurikuler. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekankeabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan peneliti, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian 1) perencanaan pembinaan peserta didik adalah (a) melakukan analisis kekuatan dan kelemahan untuk mengetahui kesiapan madrasah dalam penyelenggaraan kegiatan, (b) rapat koordinasi dipimpin kepala madrasah bersama wakil kepala, kepala TU, dan tim penjaminan mutu madrasah untuk menyusun program kerja sekaligus team work dan pembagian tugasnya, (c) rapat koordinasi bersama seluruh elemen madrasah untuk penyampaian program kerja madrasah dan team work, (d) rapat koordinasi bersama pembina dan pelatih untuk menganalisis rencana kegiatan yang akan diadakan satu semester kedepan. 2) implementasi pembinaan peserta didik adalah dengan (a) rekruitmen anggota baru meliputi beberapa kegiatan yakni promosi dan sosialisasi kegiatan dan program madrasah, identifikasi potensi, bakat dan minat, lalu dikelompokkan berdasarkan kelompok peminatan jurusan, kelompok kelas keterampilan, dan kelompok ekstrakurikuler, (b) pembinaan lanjutan dengan pemberian motivasi, pengarahan, pengendalian, dan kegiatan kesiswaan, (c) pemberian apresiasi dan penghargaan. 3) evaluasi pembinaan peserta didik adalah dengan (a) mengulas kekurangan dan hambatanyang muncul, (b) mengadakan evaluasi mingguan, evaluasi per-semester dan evaluasi tahunan, (c) pengawasan secara langsung, (d) aktif mengikutsertakan dalam kompetisi, (e) membandingkan target dengan hasil, dan (f) menilai efektifitas serta efisiensi kegiatan dan program madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183126 NORA RAHMA AULIYA
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:03
Last Modified: 23 Jun 2022 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26489

Actions (login required)

View Item View Item