SITI SA’DIYAH, 12201183236 (2022) IMPLEMENTASI METODE THARIQATY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (795kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (402kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Sa’diyah. NIM 12201183236. Implementasi Metode Thariqaty Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmahtullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata kunci: Implementasi, Metode Thariqaty, Kemampuan Membaca Al Qur’an Perkembangan teknologi banyak membawa perubahan terhadap dunia pendidikan. Banyak anak-anak muslim Indonesia yang tidak memiliki kemampuan membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Implementasi metode thariqaty dapat meningkatakan kemampuan pembelajaran al-Qur’an. Perlu adanya penelitian terkait implementasi metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yang sesuai dengan ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan implementasi metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an santri Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi dari implementasi metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu guru metode thariqaty dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, Perencanaan metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung adalah menyiapkan pedoman pembelajaran yang meliputi buku metode thariqaty dasar membaca al-Qur’an berjenjang jilid, buku sifhat makhraj dan gharib, al-Qur’an, memproyeksikan tindakan pembelajaran yang akan dilakukan yaitu dengan memastikan ketersediaan sarana pembelajaran, memahami kondisi kelas, dan santri, serta memiliki target pencapaian muatan pembelajaran tajwid metode thariqaty. Kedua, Pelaksanaan metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan diawali dengan salam, do’a pembuka dan dirangkai muraja’ah tabel sifhat makhraj dan gharib. Pembelajaran sifhat makhraj dan gharib dalam kegiatan inti diawali dengan jilid pertama dan dilanjutkan jilidselanjutnya sampai ke jenjang al-Qur’an. Kegiatan penutup dilaksanakan dengan memberikan penguatan terhadap santri berupa penguatan materi, memberikan sedikit motivasi belajar, serta do’a penutup. Ketiga, evaluasi metode thariqaty dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Tanen Rejotangan Tulungagung dilaksanakan dengan mengadakan rapat untuk seluruh guru pondok dan diadakan ujian bagi seluruh santri. Hasil evaluasi dijadikan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki pembelajaran al-Qur’an, evaluasi sebagai penilaian dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematis, dan terprogram dengan menggunakan tes ataupun nontes dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis atau secara lisan, pengamatan kenerja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183236 SITI SA’DIYAH |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:19 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26511 |
Actions (login required)
View Item |