STUDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PERDU DI HUTAN PINUS SEMEN KEDIRI SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERUPA E-BOOKLET

SUSANI KHAIRINA, 12208183089 (2022) STUDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PERDU DI HUTAN PINUS SEMEN KEDIRI SEBAGAI MEDIA BELAJAR BERUPA E-BOOKLET. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (726kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Studi Keanekaragaman Tumbuhan Perdu di Kawasan Hutan Pinus Semen Kabupaten Kediri sebagai Media Belajar berupa E-Booklet” ini ditulis oleh Susani Khairina. NIM: 12208173081, pembimbing Arbaul Fauziah,M.Si. Kata Kunci : E-Booklet, Keanekaragaman, Media Pembelajaran, Perdu Tumbuhan Perdu merupakan tumbuhan berkayu yang tingginya kurang dari 5 meter dan sebagian besar memiliki percabangan yang banyak di dekat batang utamanya. Keberadaan tumbuhan perdu di hutan sering diabaikan, namun tumbuhan perdu memiliki peranan yang penting dalam strata vegetasi hutan. Hal ini tumbuhan perdu memiliki nilai ekologis sebagai penyimpan karbon dan memiliki kemampuan iklim mikro. Selain peranannya dalam penyusun vegetasi hutan, tumbuhan perdu dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan. Dalam dunia pendidikan, tumbuhan perdu digunakan dalam pembelajaran biologi. Berdasarkan angket analisis kebutuhan terhadap siswa MA/MAN, masyarakat dan mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung diketahui mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tumbuhan perdu. Kesulitan yang dialami mahasiswa yaitu dalam mengidentifikasi tumbuhan perdu. Hal ini dikarenakan terbatasnya media pembelajaran mengenai tumbuhan perdu. Media pembelajaran yang ada selama ini belum lengkap dan kurang menarik. Hal tersebut menjadi acuan peneliti untuk melakukan penelitian mengenai tumbuhan perdu, yang kemudian dijadikan media pembelajaran berupa e-booklet “Keanekaragaman Tumbuhan Perdu di Kawasan Hutan Pinus Semen Kediri”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan jenis tumbuhan perdu di Kawasan Hutan Pinus Semen Kediri, dan 2) Menjelaskan proses pengembangan e-booklet keanekaragaman tumbuhan perdu yang ditemukan di Kawasan Hutan Pinus Semen Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari dua tahapan. Pada tahap I merupakan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan dokumentasi untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan perdu. Sedangkan, pada tahap II merupakan tahap pengembangan e-booklet, yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, desaign, development, implementation dan evaluation) dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Di kawasan Hutan Pinus Semen Kediri ditemukan 16 spesies tumbuhan perdu diantaranya Clidemia hirta L, Lantana camara L, Duranta erecta, Sida rhombifolia L, Urena lobata L, Sauropus androgynous, Manihot eculenta, Citrus aurantiifolia L, Pluchea indica L, Cosmos caudatus, Chromolaena odorata L, Pandanus amaryllifolius Roxb, Coffea Arabica L, Crotalaria retusa, Solanum torvum, dan Rosa chinensis Jacq 2) Hasil pengembangan produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu e-booklet yang terdiri dari bagian awal berisi halaman cover, kata pengantar, ayat Al-Qur’an tentang tumbuhan, lokasi penelitian, pembahasan materi (jenis-jenis tumbuhan perdu dengan penjelasan (morfologi dan klasifikasi, faktor abiotik beserta hasil indeks keanekaragaman tumbuhan perdu di kawasan hutan pinus semen kediri), daftar pustaka, glosarium, dan biografi penulis. Berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media dan responden keterbacaan. E-booklet memperoleh nilai dari ahli materi sebesar 86,3% termasuk kriteria sangat valid, ahli media 87% termasuk kriteria sangat valid dan penilaian responden sebesar 93,6% termasuk kriteria sangat valid. Kemudian dari persentase tersebut diperoleh rata-rata 88,9% yang berdasarkan kriteria penilaian persentase tersebut termasuk sangat valid. Dengan demikian, bahwa e-booklet keanekaragaman tumbuhan perdu di kawasan hutan pinus semen kediri dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi > Tumbuhan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: STUDI KEAN 12208183089 Susani Khairina
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:37
Last Modified: 05 Jul 2022 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26516

Actions (login required)

View Item View Item