PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA SMP NEGERI 1 NGUNUT

IKA NGESTI LANGENINGTIYAS, 12201183178 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA SISWA SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Antar Siswa di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ika Ngesti LangeningTiyas, NIM.12201183178, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci : Peran Guru; Pendidikan Agama Islam; Nilai-Nilai Toleransi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada zaman sekarang mempunyai nilai toleransi dalam diri setiap manusia adalah penting. Karena seiring perkembangan zaman, manusia akan terus berevolusi dan perbedaan dalam hal agama pun juga akan terpengaruhi oleh sebab itu peneliti kemudian mengaitkan dengan peran guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Ngunut dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di lingkungan sekolah, karena dalam sekolah tersebut terdapat siswa dengan latar belakang agama yang berbeda diantaranya Islam, Kristen, Katolik, dan Budha yang menuntut ilmu di SMP Negeri 1 Ngunut. Jadi penting untuk setiap siswa mempunyai nilai-nilai toleransi di dalam dirinya agar suasana belajar berjalan kondusif dan terdapat kerukunan antar siswa meskipun berbeda agama. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai educator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama antar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama antar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama antar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai Edukator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut. (2) untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai Motivator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut. (3) untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai Fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama siswa di SMP Negeri 1 Ngunut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kurikulum, dan Peserta Didik. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai educator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama antar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut adalah dengan menjadi role model bagi siswa, memberi pandangan kepada siswa terkait ajaran Al-Quran “lakum diinikum waliyadin”, dan memberi penjelasan saling tolong menolong tanpa membedakan apapun agamanya. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama antar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut adalah Guru PAI memberi penjelasan tentang menghormati antar umat beragama, menanamkan kepada siswa pemahaman sebagai makhluk sosial, di luar pembelajaran bapak/ibu guru pun sering mengatakan untuk selalu menjaga kerukunan, mengadakan piket kelas dan membersihkan lingkungan sekolah untuk melatih kerjasama siswa. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai educator dalam menanamkan nilai nilai toleransi beragama antar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut yaitu menyediakan waktu untuk berkonsultasi terkait masalah toleransi beragama, dan guru memanfaatkan fasilitas keagamaan yang disediakan sekolah serta sebagai penyalur kegiatan keagamaan antar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Perbandingan Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Sosiologi Agama > Tradisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183178 IKA NGESTI LANGENINGTIYAS
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:04
Last Modified: 27 Jun 2022 06:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26522

Actions (login required)

View Item View Item