PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR KELAS VIII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FUATUS SABILI ROSAD, 12208183030 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR KELAS VIII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Kelas VIII Di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Fuatus Sabili Rosad, NIM. 12208183030, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Booklet, Materi Sistem Ekskresi Manusia, Ketuntasan. Materi sistem ekskresi manusia merupakan salah satu materi yang tergolong sulit dalam mata pelajaran IPA kelas VIII. Kesulitan tersebut disebabkan karena pada materi ini banyak memuat bahasa Latin yang sulit diingat oleh peserta didik sehingga banyak yang belum mencapai ketuntasan belajar. Kesulitan materi juga dipengaruhi karena keterbatasan media pembelajaran dan buku pelajaran yang digunakan di sekolah. Selama ini pendidik mengatasi keterbatasan tersebut dengan mencatatkan materi pelajaran di papan tulis. Hal tersebut tentu dapat menghabiskan waktu dan membuat peserta didik tidak aktif saat proses pembelajaran. Ketidakaktifan peserta didik disebabkan karena kurang menariknya sumber belajar yang digunakan sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran booklet yang efektif dalam menarik minat peserta didik untuk belajar sehingga dapat mencapai nilai ketuntasan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran booklet materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran booklet materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hasil ketuntasan belajar setelah menggunakan media pembelajaran booklet materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, sedangkan sampel penelitian pada uji coba kelompok dilakukan oleh peserta didik kelas VIII A dan uji coba lapangan dilakukan oleh peserta didik kelas VIII B dan VIII C. Desain uji coba menggunakan desain Pre-Experimental Designs yakni one-shot case study yang hanya menilai hasil belajar (post-test). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh (1) Pengembangan media pembelajaran booklet sistem ekskresi manusia menggunakan model ADDIE, didesain menggunakan aplikasi Microsoft Word 2013 dan Canva, dicetak pada kertas Bufallo pada bagian sampul depan dan belakang dan kertas HVS pada bagian isi, berukuran A5 yang dijilid dengan staples di bagian tengah. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran booklet sistem ekskresi manusia dari ahli materi memperoleh persentase 87%. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 92%. Hasil validasi ahli tes memperoleh persentase 78%. Hasil validasi pendidik memperoleh persentase 91%. Hasil respon peserta didik pada uji coba kelompok memperoleh persentase 86% dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase 88%. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media, ahli tes, dan pendidik termasuk kedalam kriteria sangat valid dan respon peserta didik termasuk kedalam kriteria sangat baik. (3) Hasil ketuntasan belajar setelah menggunakan media pembelajaran booklet sistem ekskresi manusia berdasarkan uji coba kelompok sebanyak 25 peserta didik, diperoleh 20 peserta didik mencapai ketuntasan secara individu dengan persentase ketuntasan klasikal 80% dan berdasarkan uji coba lapangan sebanyak 50 peserta didik, diperoleh 41 peserta didik mencapai ketuntasan secara individu dengan persentase ketuntasan klasikal 82%. Hasil uji coba kelompok dan uji coba lapangan termasuk kriteria baik sehingga dapat disimpulkan bahwa booklet sistem ekskresi manusia baik dalam membantu mencapai ketuntasan belajar di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183030 FUATUS SABILI ROSAD
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:49
Last Modified: 27 Jun 2022 04:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26547

Actions (login required)

View Item View Item