PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK GEMAR MEMBACA DI SDN JATILENGGER 01 BLITAR

MAHBUBATUZ ZUHRIYAH, 12205183141 (2022) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK GEMAR MEMBACA DI SDN JATILENGGER 01 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Gemar Membaca Di SDN Jatilengger 01 Blitar” ditulis oleh Mahbubatuz Zuhriyah, NIM. 12205183141, Pembimbing Dr. H. Moch. Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Membentuk Karakter Gemar Membaca Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan siswa dalam mewujudkan tujuan hidupnya secara maksimal. Guru memiliki salah satu peran yaitu menumbuhkan nilai karakter yang terdapat dalam pendidikan. Pendidikan karakter menjadi bagian dari proses pembentukan karakter anak bangsa, selain itu juga pendidikan karakter diharapkan dapat dijadikan fondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia. Salah satu karakter yang dimaksud adalah karakter gemar membaca. Gemar membaca adalah suatu kebiasaan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan membaca dengan berbagai jenis bacaan yang memberikan suatu kemanfaatan bagi diri sendiri sebagai pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam membentuk karakter peserta didik gemar membaca di SDN Jatilengger 01 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter peserta didik gemar membaca di SDN Jatilengger 01 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter peserta didik gemar membaca di SDN Jatilengger 01 Blitar. Untuk sampai pada tujuan tersebut, penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan meningkatkan ketekunan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui: [1] Peran guru sebagai fasilitator dalam membentuk karakter peserta didik gemar membaca di SDN Jatilengger 01 Blitar yaitu: menciptakan keramahan, kenyamanan, keterbukaan antara guru dan peserta didik, memfasilitasi tempat yang nyaman untuk peserta didik membaca yaitu perpustakaan dan sudut baca, memfasilitasi koleksi buku-buku dengan berbagai jenis buku baik buku pelajaran maupun buku cerita-cerita ataupun buku-buku yang relevan dengan peserta didik, merencanakan dan menerapkan kegiatan membaca dalam kegiatan belajar mengajar guru-peserta didik, dan menciptakan tulisan-tulisan yang dipajang yang bisa dilihat dan dibaca peserta didik setiap waktu. [2] Peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter peserta didik gemar membaca di SDN Jatilengger 01 Blitar yaitu: menjalin hubungan yang baik antara guru dan peserta didik supaya tercipta kenyamanan, membangun komunikasi antara guru dan peserta didik untuk menciptakan keterbukaan, senantiasa memberikan nasehat nasehat yang membangun peserta didik, memberikan stimulus dengan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses belajar, dan memberikan reward atau hadiah kepada peserta didik. [3] Peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter peserta didik gemar membaca di SDN Jatilengger 01 Blitar yaitu menciptakan situasi dan kondisi antara guru dan peserta didik yang menyenangkan, mengubah-ubah strategi dan mengaplikasikan model/metode belajar yang bervariasi, merenovasi dan memperindah lingkungan sekolah dan ruang kelas, menggunakan media dengan memanfaatkan teknologi, dan mengadakan perlombaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Bahasa Dan Sastra > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183141 MAHBUBATUZ ZUHRIYAH
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:25
Last Modified: 28 Jun 2022 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item