SAFROUL HAMIDAH, 12201183223 (2022) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENGHAFAL ALQURAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH JABALKAT SAMBIJAJAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (467kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (173kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
Abstract
ABSTRAK Safroul Hamidah. NIM. 12201183223. Implementasi Metode Tilawati dalam Menghafal Al Quran Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Sambijajar Tulungagung. Skripsi. Tulungagung : Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Metode Tilawati, Menghafal Al Quran. Pelaksanaan pembelajaran Al Quran masih cenderung menggunakan metode konvensional dan nada lurus dalam pembelajarannya sehingga cenderung monoton dan mengakibatkan pembelajaran Al Quran yang kurang diminati peserta didik serta mengakibatkan peningkatan hafalan Al Quran yang rendah. Pembelajaran Al Quran membutuhkan metode yang tepat agar dapat meningkatkan hafalan peserta didik. Salah satunya menggunakan metode pembelajaran Al Quran yang berkembang saat ini yaitu metode tilawati. Metode tilawati dipandang sebagai salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuanmenghafal Al Quran peserta didik karena menggunakan teknik-teknik tertentu serta penggunaan irama dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tahap-tahap implementasi metode tilawati dalam menghafal Al Quran Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Jabalkat Sambijajar Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan metode tilawati dalam menghafal Al Quran Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Jabalkat Sambijajar Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan dampak positif implementasi metode tilawati dalam kegiatan menghafal Al Quran di Madrasah Ibtidaiyah Jabalkat Sambijajar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Madrasah, guru Al Quran, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, tahap implementasi metode tilawati meliputi tiga yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan berupa pelatihan tilawati, pengelompokkan kelas, serta penataan tempat duduk. Pelaksanaan metode tilawati menggunaan pendekatan klasikal dan individual. Evaluasi metode tilawati yaitu pre-test, harian dan kenaikan juz. Kedua, hambatan metode tilawati dalam menghafal Al Quran terdiri dari dua yaitu hambatan eksternal dan internal. Hambatan eksternal berupa kurangnya kelas dan kurangnya kemampuan mengajar guru dalam menerapkan metode tilawati. Hambatan internalnya berupa malas dan kurangnya motivasi pada diri siswa. Ketiga, dampak metode tilawati dalam menghafal Al Quran diantara ialah peningkatan hafalan Al Quran peserta didik, guru menjadi lebih mudah mengkondisikan kelas saat pembelajaran, guru lebih mudah dalam mengevaluasi peserta didik, murid merasa tidak terbebani, dan membantu murid menghafalkan bacaan dengan variasi irama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183223 SAFROUL HAMIDAH |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 03:35 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26567 |
Actions (login required)
View Item |