IMPLEMENTASI STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS LAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TIFFANY SALON BLITAR

SITI NURUL LAILIYAH, 12405183374 (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS LAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TIFFANY SALON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (857kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Strategi Relationship Marketing Dalam Mempertahankan Kualitas Layanan Dan Loyalitas Pelanggan Tiffany Salon Blitar” yang ditulis oleh Siti Nurul Lailiyah, NIM 12405183374, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya persaingan bisnis dengan menerapkan strategi relationship marketing dalam bidang jasa yang semakin ketat. Dilihat dari keadaan persaingan yang ketat, berbagai usaha yang bergerak di bidang jasa, khususnya salon kecantikan harus mampu berinovasi dalam segala hal yang berkaitan dengan perawatan kecantikan untuk memenuhi kepuasan pelanggannya baik berupa kelengkapan produk, fasilitas, penetapan tarif dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, maka pemilik salon kecantikan Tiffany Salon Blitar menerapkan berbagai strategi relationship marketing yang berguna untuk mempertahankan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan, sehingga Tiffany Salon Blitar memiliki daya saing yang unggul serta tetap bertahan sampai saat ini. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi strategi relationship marketing dalam mempertahankan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan pada Tiffany Salon Blitar. 2) Bagaiman kendala yang dihadapi Tiffany Salon Blitar dalam mempertahankan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan?. 3) Bagaimana upaya yang dilakukan Tiffany Salon Blitar untuk mempertahankan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Implementasi Strategi Relationship Marketing pada Tiffany Salon Blitar mampu bersaing dengan salon kecantikan lain, komitmen dan inovasi pemilik Tiffany Salon Blitar begitu luar biasa sekali. Pemilik menerapak 4 dimensi relationship marketing yaitu ikatan, empati, jangka panjang, dan kepercayaan. Jadi, secara keseluruhan relationshipmarketing Tiffany Salon cukup baik sekali dan sudah berhasi dipertahankan. Kendala yang dihadapi dalam dunia bisnis khususnya dalam bidang jasa salon kecantikan yaitu complain pelanggan, oleh sebab itu pemilik Tiffany Salon Blitar selalu mengutamankan kualitas layanan yang unggul jika dibandingkan dengan salon kecantikan lain disekitar. Kualitas layanan pada Tiffany Salon Blitar selalu diutamakan sampai saat ini. Pemilik terus melakukan inovasi dan riset pasar terkait bisnis dalam bidang industri jasa kecantikan. Upaya Tiffany Salon dalam mepertahankan kualitas layanan dan loyalitas pelanggan adalah dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelangganya, baik pelanggan baru maupun pelanggan yang tetap. Kepercayaan konsumen merupakan sebuah prioritas untuk mempertahankan sebuah bisnis. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183374 SITI NURUL LAILIYAH
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:39
Last Modified: 28 Jun 2022 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item