LUTFI EKA NUR LAILI, 12208183105 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (875kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (28kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama masa Pandemi COVID-19 melatarbelakangi penelitian dan pengembangan ini. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun pertemuan tatap muka terbatas (PTM) dinilai kurang efektif karena keterbatasan bahan ajar yang digunakan, baik secara jumlah dan muatan materinya, serta rendahnya minat baca siswa terhadap bahan ajar sehingga hasil belajar siswa menurun. Selain itu, efektivitas belajar siswa juga dipengaruhi oleh interaksi belajar yang terbatas. Di MTsN 1 Kota Blitar kondisi ini memunculkan kebutuhan bahan ajar yang mendukung KBM di MTsN 1 Kota Blitar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul interaktif berbasis problem based learning guna meningkatkan hasil belajar materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan kelayakan e-modul interaktif berbasis problem based learning guna meningkatkan hasil belajar materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan efektivitas e-modul interaktif berbasis problem based learning guna meningkatkan hasil belajar materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE menurut R.M. Branch. Subjek uji coba dalam pengembangan ini yaitu siswa VIII-H MTsN 1 Kota Blitar yang berjumlah 33 orang dengan desain uji coba nonequivalent control group design. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan tes tulis. Teknik analisis yang digunakan meliputi statistik deskriptif dengan metode persentase untuk menganalisis data angket dan statistik parametrik uji-t serta analisis N-gain untuk menganalisis efektivitas produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini diantaranya: Pertama, proses pengembangan e-modul interaktif berbasis PBL melalui lima tahapan meliputi: menganalisis (analyze), mendesain (design), mengembangkan (developt), menerapkan (implement), dan mengevaluasi (evaluate). Hasil analisis kebutuhan menunjukkan di MTsN 1 Kota Blitar khususnya kelas VIII membutuhkan pengembangan bahan ajar pendukung pada materi sistem peredaran darah manusia. Hasil kegiatan mendesain adalah susunan komponen, unit belajar dan kegiatan belajar berbasis PBL pada e-modul interaktif, pemilihan media, serta intrumen validasi produk. Hasil kegiatan mengembangkan adalah perwujudan e-modul interaktif berbasis PBL dalam bentuk tautan dan aplikasi android dengan tingkat validitas kelayakan desain mencapai 82,8%, kelayakan materi 95,2% dan kelayakan menurut guru IPA mencapai 94%. Hasil kegiatan implementasi meliputi respon dan uji keterbacaan siswa mencapai 88% dengan kategori sangat menarik serta hasil analisis uji-t postes antara kelas kontrol dan kelas perlakuan yaitu sig. 2-tailed 0.000. Hasil kegiatan mengevaluasi adalah perbaikan produk berdasarkan masukan dan saran dari validator ahli, guru IPA dan siswa. Kedua, hasil kajian kelayakan menunjukkan e-modul interaktif berbasis PBL materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas VIII SMP/MTs yang telah dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan: hasil validasi ahli desain mencapai 82,8% dengan kriteria cukup valid, hasil validasi ahli materi mencapai 95,2% dengan kriteria sangat valid, hasil validasi guru IPA mencapai 94% dengan kriteria sangat valid. Ketiga, produk ini juga telah mencapai tingkat efektivitas cukup berdasarkan: 1) hasil angket respon dan uji keterbacaan siswa mencapai 88% dengan kriteria sangat menarik dan memiliki keterbacaan yang tinggi, 2) analisis uji-t nilai postes kelas kontrol dan kelas perlakuan dengan hasil sig. 2-tailed 0.000 dan analisis N-gain kelas perlakuan mencapai 65,48% dengan kategori cukup yang artinya e-modul interaktif berbasis PBL cukup efektif meningkatkan hasil belajar pada materi system peredaran darah manusia siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi Informasi Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183105 LUTFI EKA NUR LAILI |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 06:00 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 06:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26623 |
Actions (login required)
View Item |