PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADAPTASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK) SORE TULUNGAGUNG

MOCHAMMAD IMAM MA’RUF, 12201183406 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ADAPTASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK) SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Media Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Peserta Didik di SMK Sore Tulungagung” ini ditulis oleh Mochammad Imam Ma’ruf, NIM. 12201183406, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Media TIK, Kemampuan Adaptasi Kemajuan teknologi pada era saat ini berkembang dengan cukup pesat. Dalam dunia pendidikan teknologi menjadi sebuah media sebagai salah satu peratara kegiatan belajar mengajar. Pada saat pandemic covid-19 menyebar didunia bahkan di Indonesia. Pemerintah mengeluarkan peraturan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijakan untuk menyelenggarakan seluruh pembelajaran secara jarak jauh dan kemudian untuk peserta didik disarankan agar belajar dari rumah masing-masing, termasuk di SMK Sore Tulungagung. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi(internet) tentunya akan membuat perubahan belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu guru perlu memilih media dalam pembelajaran daring yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik selama masa pandemi ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media google classroom untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik di SMK sore tulungagung? (2) Bagaimanakah pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media whatsapp group untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik di SMK sore tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media teknologi informasi dan komunkasi untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik di SMK sore tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian (1) Pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media google classroom untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik yaitu: google classroom di ibaratkan seperti miniatur kelas dalam bentuk digital, dalam penggunaannya langsung dipantau oleh pihak kurikulum (2) Pembelajaran pendidikan agama islam melalui media whatsapp group untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik yaitu: sebagai media pertama kali ketika awal pandemi dengan sebab tidak asing bagi guru dan peserta didik (3) faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran pendidikan agama islam melalui media teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik yaitu: faktor penghambat diantaranya kurangnya motivasi belajar, problematika pada peserta didik yang sulit diungkapkan, pengaruh game online dari teman sekitarnya, terjadi padam listrik saat pembelajaran berlangsung, kurangnya dorongan dari orangtua pada diri anak. Faktor penghambat diantaranya: tugas yang ringan dari guru, mendapatkan bantuan dari sekolah berupa paket data, target kompetensi dasar yang ringan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201183406 Mochammad Imam Ma'ruf
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:37
Last Modified: 28 Jun 2022 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26639

Actions (login required)

View Item View Item