lailatul, maulidatir robiah (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
BAB 1 2 3 4 5 revisi.rtf Download (1MB) |
|
Text
sebelum bab 1.rtf Download (7MB) |
|
Text
DAFTRA RUJUKAN 2.rtf Download (58kB) |
|
Text
ABSTRAK.rtf Download (42kB) |
|
Text
Lampiran 1 .rtf Download (48kB) |
|
Text
Lampiran 2.rtf Download (3MB) |
|
Text
Lampiran 3.rtf Download (1MB) |
|
Text
lampiran 4 BIOGRAFI PENULIS.rtf Download (41kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Lailatul Maulidatir Robi’ah, NIM 3211113105, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung”, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. NIP. 19651215 200312 2 001. Kata Kunci : Upaya Guru PAI, prestasi belajar, ekstrakurikuler keagamaan. Prestasi belajar merupakan hasil usaha siswa yang dapat dicapai berupa penguasan pengetahuan, kemampuan kebiasaan dan keterampilan serta sikap setelah mengikuti proses pembelajaran. Agar pembelajaran pendidikan agama Islam dapat terlaksana dengan efektif dan maksimal perlu adanya solusi dan strategi yang tepat. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan adalah kegiatan yang beradadi luar materi wajib sekolah. Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat memberikan sumbangan pendidikan yang sangat besar pada diri siswa, namun tentu saja harus adanya target pembelajaran yang dapat dievaluasi dengan baik. Terkait hal tersebut, sebagai sekolah umum yang hanya menyampaikan materi keagamaan 2 jam pelajaran dalam seminggu dipandang sangat kurang. Fokus Penelitiannya adalah: (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan Ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 1 Ngantru Tulungagung?. (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMPN 1 Ngantru Tulungagung?. (3) Bagaimana penilaian guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMP N 1 Ngantru Tulungagung?. Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kualitatif, yaitu peneliti akan meneliti obyek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan atau keajegan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) untuk meningkatkan prestasi belajar melalui ekstrakurikuler keagamaan menggunakan beberapa bentuk ekstrakurikuler. Adapun bentuk kegiatan itu Rohani Islam, dan Baca Tulis Al-Qur’an. (2) sedangkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan metode, adapun bentuk metode yang digunakan metode ceramah dan metode tanya jawab. (3) penilaian kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi belajar. Adapun bentuknya meliputi penilaian aktif, sikap, ulangan harian dan ujian semester.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | lailatul maulidatir robiah |
Date Deposited: | 25 Nov 2015 03:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2015 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2664 |
Actions (login required)
View Item |