PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS VIII SMP ISLAM AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG

DEWI HIMMATUL IZZAH, 12211173023 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS VIII SMP ISLAM AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP Islam Al Fattahiyyah Tulungagung”. Ditulis oleh Dewi Himmatul Izzah NIM 12211173023 dari Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusan Tadris Fisika dan dibimbing oleh Bapak M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Student Teams Achievement Divisions (STAD), motivasi belajar, hasil belajar Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memadukan sikap, pengetahuan serta keterampilan yang menuntut peserta didik agar mampu bersikap ilmiah,iberlatih melakukan proses pemecahaniimasalah dan penerapannyaidalam kehidupan sehari-hari. Pemberian pengalaman secara langsung sangat penting dilakukan untuk mengembangkan kompetensi dan mendalami alam sekitar secara ilmiah. Namun seringkali pembelajaran ini dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan karena pada kenyataan masih banyak guru yang menggunakan teacher center, sehingga peserta didik sulit merasa bosan dan kurang berkembang. Salahisatu modelipembelajaran yangidapat mendukung peserta didik adalah model pembelajaranikooperatif tipe STAD, dimana model ini lebih menekankan keaktifan pada peserta didik. Tujuan penelitianiini untuk (1) mengetahui pengaruh modelipembelajaran kooperatifitipe STADiterhadap motivasi belajar fisika materiigetaran danigelombang peserta didik kelasiVIIIiSMP Islam Al Fattahiyyah (2) Untuk mengetahui modelipembelajaran kooperatifitipe STAD terhadap hasilibelajar fisika materi getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIIIiSMP Isam Al Fattahiyyah. (3) Untukimengetahuiipengaruh bersama-sama antara modelipembelajaran kooperatifitipeiSTAD secara bersama denganimotivasi dan hasil belajar fisikaimateri getaranidan gelombangikelas VIIIiSMP IslamiAl Fattahiyyah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Dengan pengambilan data berasal dari angket motivasi dan tes hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Islam Al Fattahiyyah. Dengan dua sampel yaitu pada kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa 1). ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Fattahiyyah. Yang ditunjukan oleh nilai ttabel ≤ thitung yaitu 0,297 ≤ 3,265 dengan sig (2 tailed) 0,002 ≤ 0,05. 2). Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Fattahiyyah. Yang ditunjukan oleh nilai ttabel ≤ thitung yaitu 0,297 < 7,057 dengan sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05. 3). Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Fattahiyyah. Yang ditunjukan dengan nilai Pillai’s Trace, Wilks Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root nilai signifikasi nya sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173023 dewi himmatul izzah
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:28
Last Modified: 08 Jul 2022 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item