STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI PRIGI UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT TASIKMADU WATULIMO TRENGGALEK

ANIS CHOIRUNNISA', 12402173293 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI PRIGI UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT TASIKMADU WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi “Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Prigi untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tasikmadu Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Anis Choirunnisa’. NIM. 12402173293 dan dibimbing oleh Jusuf Bachtiar, S.S.,M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wilayah Kabupaten Trenggalek yang mempunyai beragam objek wisata yang indah dan menarik, mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, maupun wisata edukasi. Salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Trenggalek adalah Pantai Prigi, yang memiliki daya tarik panorama yang indah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai serta spot foto yang beragam. Dengan adanya objek wisata ini dapat menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung. Hal ini tentunya memiliki dampak yang secara langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian masyarakat di sekitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi kebijakan, fasilitas, dan promosi pengembangan objek wisata Pantai Prigi ? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan objek wisata Pantai Prigi ? dan (3) Bagaimana peningkatan ekonomi masyarakat desa Tasikmadu terkait adanya pengembangan objek wisata Pantai Prigi ? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi kebijakan yang diterapkan meliputi pengembangan atraksi/wahana wisata dan pengembangan aksesibilitas, strategi fasilitas dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana serta penyediaan fasilitas yang memadai, dan strategi promosi yaitu dengan melakukan promosi penjualan produk wisata dengan memanfaatkan media digital (2) Terdapat beberapa faktor pendukung pengembangan strategi objek wisata Pantai Prigi, yaitu adanya daya tarik wisata alam, faktor lokasi, faktor akomodasi, dan dukungan pemerintah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kualitas dan kuantitas SDM di bidang pariwisata dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. (3) Peningkatan ekonomi masyarakat desa Tasikmadu terkait adanya pengembangan objek wisata Pantai Prigi dapat dibuktikan dengan adanya banyak peluang usaha dan kesempatan kerja di kawasan wisata tersebut sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sehingga tercipta kesejahteraan. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Objek Wisata, Ekonomi Masyarakat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Gaya Hidup
Pariwisata > Obyek Wisata
Pariwisata > Paket Wisata
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173293 Anis Choirunnisa'
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:36
Last Modified: 29 Jun 2022 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item