MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di MTsN 4 Tulungagung)

SYAHZANANI AMANINA, 12207183063 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di MTsN 4 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Disiplin Peserta Didik (Studi Kasus di MTsN 4 Tulungagung)” ini ditulis oleh Syahzanani Amanina, NIM. 12207183063, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Peningkatan Disiplin, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai dimana tingkah laku peserta didik belum menunjukkan disiplin yang baik, oleh karena itu perlu adanya kegiatan kesiswaan dan pembinaan peserta didik dari madrasah yang mengedepankan karakter, mulai dari bidang akademik, ekstrakurikuler, keagamaan, dan lingkungan yang dapat mempengaruhi disiplin peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan kegiatan manajemen kesiswaan dalam peningkatan disiplin peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana mekanisme penerimaan peserta didik baru dalam peningkatan disiplin peserta didik di MTsN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan orientasi peserta didik dalam peningkatan disiplin peserta didik di MTsN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana pembinaan peserta didik dalam peningkatan disiplin peserta didik di MTsN 4 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme penerimaan peserta didik baru, pelaksanaan orientasi peserta didik, dan pembinaan peserta didik dalam peningkatan disiplin peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah MTsN 4 Tulungagung sebagai bahan masukan mengenai manajemen kesiswaan dalam peningkatan disiplin peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Bagi Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan sebagai pedoman penataan kegiatan kesiswaan dalam peningkatan disiplin yang efektif dan efisien. Bagi peserta didik MTsN 4 Tulungagung dapat memberikan arahan dan acuan akan pentingnya peningkatan disiplin dengan mengikuti kegiatan dan pembinaan kesiswaan yang dilaksanakan oleh madrasah. Bagi peneliti selanjutnya dapat berguna sebagai referensi untuk menambah informasi ketika melakukan penelitian bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MTsN 4 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Mekanisme penerimaan peserta didik baru yang dilaksanakan sesuai petunjuk Kementerian Agama dan dikemas dalam milad madrasah, kebijakan penerimaan peserta didik didasarkan atas faktor kondisional madrasah, sistem penerimaan peserta didik baru dilaksanakan melalui seleksi akademik dan non akademik. (2) Pelaksanaan orientasi peserta didik dilaksanakan pada hari pertama masuk sekolah dengan kegiatan yang edukatif untuk peserta didik menghadapi lingkungan serta budaya baru. (3) Pembinaan peserta didik dilakukan melalui pembinaan akademik, ekstrakurikuler, keagamaan, dan lingkungan dengan disiplin tata tertib, disiplin waktu serta disiplin dalam bersikap. Teknik pembinaan disiplinnya dengan memberikan pengarahan yang sifatnya menambah pengetahuan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207183063 SYAHZANANI AMANINA
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:25
Last Modified: 15 Jul 2022 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26712

Actions (login required)

View Item View Item