TRANSFORMASI PENGGERAK PEREKONOMIAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Multisitus di Nangkula Park Desa Kendalbulur dan Punakawan Park Desa Banaran)

DEA TACHTA ALMIRA, 12508194023 (2022) TRANSFORMASI PENGGERAK PEREKONOMIAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Multisitus di Nangkula Park Desa Kendalbulur dan Punakawan Park Desa Banaran). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Transformasi Penggerak Perekonomian dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Program Pengembangan Desa Wisata (Studi Multisitus di Nangkula Park Desa Kendalbulur dan Punakawan Park Desa Banaran)” ditulis oleh Dea Tachta Almira Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag dan Dr. Hj. Nur Aini Latifah, S.E., M.M Kata Kunci : Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Penggerak Perekonomian, Kesejahteraan, Desa Wisata Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya desa yang belum mengoptimalkan potensi desa, pengelolaan yang baik melalui BUMDes dapat membangkitkan perekonomian di desa melalui lapangan kerja baru, penyerapan tenaga kerja, masyarakat yang lebih produktif serta menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) bagi pemerintah desa salah satunya melalui unit usaha desa wisata. Semakin banyak desa yang mengoptimalkan potensi desanya, maka akan semakin banyak desa mandiri yang kuat dalam perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Fokus penelitian ini 1. Bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak perekonomian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pengembangan unit usaha desa wisata. 2. Bagaimana kendala Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak perekonomian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pengembangan unit usaha desa wisata. 3. Bagaimana dampak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak perekonomian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pengembangan unit usaha desa wisata, Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, hasil wawancara kepada tiga kategori informan sehingga peneliti dapat menggunakan triangulasi untuk melakukan cek keabsahan dan menelaah dokumentasi pendukung. Peneliti juga melakukan reduksi data untuk menyusun hasil penelitian secara sistematis. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pembangunan desa wisata baik Nangkula Park maupun Punakawan Park telah memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun Pemerintah Desa, pertama menyerap banyak tenaga kerja untuk dijadikan pengelola maupun karyawan di tempat wisata, membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar lokasi desa wisata seperti menyediakan tempat parkir, berjualan makanan maupun berjualan souvenir. Produk unggulan desa juga dijual dilokasi wisata sehingga dapat diketahui oleh wisatawan. Program desa wisata telah memberikan peningkatan Pendapatan Asli Desa melalui restribusi tiket masuk maupun hasil pengelolaan unit usaha yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pariwisata > Desa Wisata
Ekonomi > Musyarakah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12508194023 DEA TACHTA ALMIRA
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:43
Last Modified: 30 Jun 2022 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26734

Actions (login required)

View Item View Item