DWI ANJAR SARI, 17506164021 (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA (Studi Multisitus di SMAN Pakel dan SMKN Bandung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dwi Anjar Sari, NIM. 17506164021. “Penerapan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa (Studi multisitus di SMAN Pakel dan SMKN Bandung) . Program Pascasarjana, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Ahmad Patoni, M.Ag dan Dr. H. Abdl. Aziz Kata kunci : Penerapan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Membentuk Akhlak Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah dilaksanakan diberbagai sekolah pembelajaran ini berdasarkan kurikulum K13. Penerapan Pendidikan Agama dan Budi pekerti tersebut tentunya tidak serta merta berjalan begitu saja akan tetapi juga ada proses yang mendukung penerappannya tersebut. Permasalahan ini yang harus di perhatikan oleh guru berkaitan dengan penerapan tersebut, yaitu tentang bagaimana guru mendesaian pembelajarannya, kemudian bagaimna proses pelaksanaannya khususny didalam kelas bagaimana serang guru itu bisa menyampaikan materi pembelajarannya dengan baik dan bagaimna guru mengevaluasi atau menilai siswanya apakah telah menerapkan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tersebut ataukah belum. Berdasasarkan latarbelakang di atas, fokus penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Guru Membuat Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG. (2) Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG. (3) Bagaimana Guru Mengevaluasi Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Guru Membuat Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG (2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG. (3) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Guru Mengevaluasi Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus di SMAN PAKEL dan SMKN BANDUNG. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintassitus. Analisis data tunggal dimaksudkan untuk menjabarkan temuan – temuan dari kedua sekolah. Sedangakan, analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuanantarsitus. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam membentuk akhlak siswa di SMAN Pakel dan SMKN Bandung adalah dengan cara guru merancang semua kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan pembelajaran yang meliputi Silabus, Prota, Promes kemudian RPP desain tersebut dari awal sudah dirancang agar KBM bisa berjalan dengan baik. Desain tersebut sebenarnya juga berasal dari pusat pendidikan, akan tetapi disini guru PAI juga membuat desain tersendiri seperti halnya RPP yang didesain setiap kali tatap muka maka guru harus bisa memberikan hal yang berbeda disetiap pertemuan dan dengan materi yang berbeda pula, tujuannya sendiri agar disetiap pembelajaran tersebut dapat menarik minat siswa untuk belajar dengan tekun. Kedua, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam membentuk akhlak siswa di SMAN Pakel dan SMKN Bandung adalah dengan guru mengolah serta memberikan penyampaiakan materi pembelajaran dengan baik. Proses yang di awali dengan membuka pembelajaran, yaitu guru selalu mengaj ak siswanya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran, kemudian guru menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya (fles back). Kegiatan inti guru selalu mengunakan cara yang berbeda setiap penyampaian materi pembelajaran yaitu dengan ceramah, tanya jawab, tugas dan praktik. Kegiatan penutup, dimana guru menutup pembelajaran dengan memberikan kesimpulan tentang materi yang disampaikan, pemberian tugas, dan menutupnya dengan Do’a. Ketiga, Evaluasi dari penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti dalam membentuk Akhlak siswa di SMAN Pakel dan SMKN Bandung adalah dengan cara guru mengadakan observasi yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung dan saat siswa berada di lingkungan sekolah, melalui kegiatan keagamaan yang di ikuti oleh siswa, selain hal tersebut yang paling utama dalam hal evaluasi yang dilakukan oleh guru di kedua sekolah ini adalah dengan mengunakan evaluasi formatif, sumatif, diagnostik, keaktifan, dan juga dengan evaluasi kepribadian.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17506164021 DWI ANJAR SARI |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 04:49 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 04:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26755 |
Actions (login required)
View Item |