PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI PLUS SEKECAMATAN TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK

MUHAMMAD RODIYAN, 12505174032 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI PLUS SEKECAMATAN TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtida’iyah Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Rodiyan, NIM. 12505174032, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Gaya Belajar Siswa, dan Prestasi Belajar Siswa Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, baik faktor eksternal maupun internal, seperti pola asuh orangtua dan gaya belajar siswa. Pola asuh orangtua terhadap anaknya akan membentuk pribadi dan prestasi anak di kemudian hari. Begitu juga gaya belajar, setiap siswa punya gaya belajar tersendiri yang akan merasa lebih nyaman jika belajar dengan gaya tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya pola asuh orang tua dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Untuk menganalisis kondisi pola asuh orangtua, gaya belajar siswa, dan prestasi belajar siswa di MI Plus Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek; (2) Untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa di MI Plus Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek; (3) Untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di MI Plus Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek; (4)Untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan secara bersamasama antara pola asuh orangtua dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MI Plus Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini dilakukan di MI Plus Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 214 siswa, dengan jumlah sampel penelitian 139 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu, uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) kondisi pola asuh orangtua dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa MI Plus Sekecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek yaitu ada 13 siswa yang memiliki kecenderungan pola asuh orangtua otoriter, 119 siswa memiliki kecenderungan pola asuh orangtua demokratis, dan 7 siswa memiliki kecenderungan pola asuh orangtua permisif. Variabel gaya belajar siswa yaitu ada 43 siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 72 siswa memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial, dan 24 siswa memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik; (2) pola asuh orangtua memiliki hubungan positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V MI Plus Sekecanatan Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05; (3) gaya belajar memiliki hubungan positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V MI Plus Sekecanatan Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05; (4) pola asuh orangtua dan gaya belajar secara bersama- sama memiliki hubungan positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V MI Plus Sekecanatan Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,024 < 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: S2 12505174032 MUHAMMAD RODIYAN
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:50
Last Modified: 11 Jul 2022 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26780

Actions (login required)

View Item View Item