STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG

RIZKY PUJI ASTUTI, 12201183384 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu Tulungagung” ditulis oleh Rizky Puji Astuti NIM 12201183384 dibimbing oleh: Dr.Hj Chusnul Chotimah M.Ag. Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa, Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena lapangan yang terjadi di SMP Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu Tulungagung bahwasanya terdapat siswa-siswa yang sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu ini mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, hal ini ditandai dengan kurang lancarnya siswa dalam membedakan makhorijul huruf, tajwid yang tertera dalam Al-Qur’an, dan tanda baca lainnya. Adanya strategi guru Pendidikan Agama Islam sangat membantu keberhasilan siswa dalam psoses belajar membaca Al-Qur’an, serta kendalakendala yang dialami siswa dapat teratasi dengan cara yang lebih fleksibel dan menyenangkan, sehingga siswa mendapatkan solusi dari kesulitan membaca kitab suci Al-Qur’an. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti tertarik mengangkat judul penelitian Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SMP IT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Fokus penelitian yang terdapat di dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. (2) Bagaimana langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. (3) Bagaimana kendala dan solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam Terpadu AlAsror Ringinpitu Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian field research atau penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini di SMP IT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti dalam memperoleh data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa foto, link video, kata-kata dari narasumber, dan data tertulis. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengechekan keabsahan temuan menggunakan credibility,transferability, dependability, dan confirmability. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pembelajaran Al-Qur’an di SMP IT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung ialah menggunakan metode klasik, talqin, talaqi binadzor dan tahfizh (bilghoib). Waktu belajar Al-Qur’an dilakukan dipagi hari setelah subuh, sore diwaktu asar, dan setelah magrib. Siswa baru diwajibkan mondok dan diseleksi bacaan Al-Qur’an, menggunakan Qur’an rasm utsmani dalam belajar, dan kartu prestasi Al-Qur’an santri dalam penunjang semangat belajar. (2) Langkah-langkah guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di SMP IT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung ialah: pengelompokan siswa yang sudah bisa membaca dan belum bisa membaca Al-Qur’an, membaca surat pendek bergilir, diajarkan dengan tasmi’ bagi siswa pemula, serta guru ikut menuntun siswa yang kesulitan dalam pengucapan huruf. (3) Kendala dan solusi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di SMP IT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung, kendala yang dialami siswa antara lain: cenderung memiliki rasa malas, lelah, kantuk saat belajar Al-Qur’an, dan saat mengaji belum dapat menata huruf, makhroj, dan fashohah dengan baik. Solusinya antara lain: menggunakan gaya belajar yang menarik agar saat siswa bosan atau malas dapat meningkatkan lagi imun untuk belajar, membaca Al-Qur’an dengan tartil, diselingi dengan teka-teki surat, tilawah, dan solawat berjanji. Adanya murojaah dalam belajar Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STRATEGI G 12201183384 RIZKY PUJI ASTUTI
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:47
Last Modified: 11 Jul 2022 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item