PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA SEGO BABAT MBAKYU CABANG TULUNGAGUNG

MOCH FAHMI ULIN NUHA, 12405173182 (2022) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA SEGO BABAT MBAKYU CABANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 4P dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Sego Babat Mbakyu Cabang Tulungagung)” yang ditulis oleh Moch. Fahmi Ulin Nuha, NIM. 12405173182, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya usaha makanan di Tulungagung salah satunya Sego Babat Mbakyu yang memiliki cabang di berbagai kota. Meskipun memiliki kompetitor dengan jenis usaha yang sama, Sego Babat Mbakyu bisa tetap eksis dengan menerapkan strategi pemasaran 4P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran 4P dalam meningkatkan volume penjualan Sego Babat Mbakyu; (2) Untuk mengetahui kendala dalam penerapan strategi bauran pemasaran 4P dalam meningkatkan volume penjualan Sego Babat Mbakyu; dan (3) Untuk mengetahui solusi untuk menghadapi kendala dalam penerapan strategi bauran pemasaran 4P dalam meningkatkan volume penjualan Sego Babat Mbakyu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Agar data yang diperoleh akurat, dilakukan pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi data, diskusi dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran Sego Babat Mbakyu Tulungagung menggunakan unsur 4P (product, price, place, dan promotion). Dalam penerapannya, ditemukan bahwa produk yang digunakan berkualitas dan cukup bervariasi dengan harga yang terjangkau dan lokasi yang strategis membuat promosi yang dilakukan berjalan lancar sehingga volume penjualan dapat meningkat; (2) Kendala yang dihadapi oleh Sego Babat Mbakyu Tulungagung dalam melakukan strategi pemasaran yaitu terbatasnya ketersediaan bahan baku dan banyaknya pesaing baru dengan jenis usaha yang sama; dan (3) Untuk mengatasi kendala tersebut, Segi Babat Mbakyu Tulungagung dengan menerapkan sistem pre order, menambah bahan baku dan memberikan promo menarik serta pelayanan yang baik dengan menyediakan produk yang berkualitas. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran 4P, Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173182 MOCH FAHMI ULIN NUHA
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:07
Last Modified: 01 Jul 2022 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item