PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) MELALUI SISTEM DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT

EKA BADRIATUL ZAHIRIYAH, 12204173103 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) MELALUI SISTEM DALAM JARINGAN (DARING) TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (729kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) melalui Sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMPN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Eka Badriatul Zahiriyah, NIM 12204173103, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Reading Questioning and Answering (RQA), Dalam Jaringan (Daring), Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor, yaitu rendahnya motivasi siswa sebagai modal dasar dalam pembelajaran matematika, tingkat pemahaman materi yang rendah, dan siswa kurang aktif dalam kegiatan membaca materi, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA). Model pembelajaran ini mengharuskan siswa untuk membaca materi, kemudian membuat pertanyaan, dan dilanjutkan menjawab pertanyaan yang telah dibuat. Oleh karena itu, dengan diterapkannya model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk membaca materi supaya bisa membuat daftar pertanyaan dan menjawabnya. Sehingga, dengan kegiatan tersebut akan membantu siswa dalam memahami materi lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) melalui sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII di SMPN 1 Ngunut, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) melalui sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap motivasi belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII di SMPN 1 Ngunut, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) melalui sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII di SMPN 1 Ngunut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekaran kuantitatif dengan jenis penelitiannya berupa Quasi Eksperimental atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-C berjumlah 34 siswa dan kelas VII-D berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deksriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji t untuk hipotesis 1 dan 2, serta uji manova untuk hipotesis 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) melalui sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII di SMPN 1 Ngunut. Hal ini berdasarkan nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,001<0,05 dan nilai t_hitung=3.583 dengan df =65 dan t_tabel=1,9971, sehingga t_hitung=3,583>t_tabel=1,9971, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) melalui sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap motivasi belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII di SMPN 1 Ngunut. Hal ini berdasarkan nilai signifikan yang diperoleh 0,003<0,05, dan nilai t_hitung=3,124 dengan df=65 dan t_tabel=1,9971, sehingga t_hitung=3,124>t_tabel=1,9971 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) melalui sistem Dalam Jaringan (Daring) terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada materi penyajian data kelas VII di SMPN 1 Ngunut. Hal ini berdasarkan nilai keempat value, yaitu Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0.000 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga 0,000<0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: eka badriatul zahiriyah
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:20
Last Modified: 13 Jul 2022 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26815

Actions (login required)

View Item View Item