RUZITA MAWIYAH, 12201183285 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs AN-NAWAWIYAH KAB. KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ruzita Mawiyah, NIM: 12201183285. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik di MTs An-Nawawiyah Kab.Kediri. Skripsi. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Saiful Bahri, M.Pd.I. Kata Kunci: Cooperative Learning, Student Team Achievement Division, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dari peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran akidah akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran akidah akhlak(2) untuk mengetahui bagiaman pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran akidah akhlak, dan (3) untuk mengetahui bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan penelitan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VII yang mengikuti kelas akidah akhlak di MTs An-Nawawiyah Kab. Kediri. Subjek penelitian ii adalah peserta didik dari kelas VII dengan jumlah 22 orang. Instrument dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil belajar peserta didik. Untuk mendapatkan kepercayaan penelitian, penelitian ini menggunakan triangulasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan aktivitas peserta didik seperti yang terlampir pada hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siklus I dan siklus II. (2) konsep model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII merupakan model pembelajaran yang menjadikan peserta didik lebih aktif, kreatif dan inovatif serta terampil dalam bekerja sama dimana model pembelajaran ini memiliki titik tekan pada kerja sama sekelompok orang dalam satu tim. Terdapat beberapa kendala dalam penerapan begitupun cara mengatasi kendala tersebut (3) model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan persentase 36,36% dan pada siklus II dengan persentase 68,18%. Hal ini menunjukan ada peningkatan hasil belajar sebesar 31,82%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183285 RUZITA MAWIYAH |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26819 |
Actions (login required)
View Item |