GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI TARBIYATUSSIBYAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

LIANA LUTHFIYAH, 12205173315 (2022) GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI TARBIYATUSSIBYAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK LIANA LUTHFIYAH, 12205173315, Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Daring di MI Tarbiyatussibyan kalidawir Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Karakter Siswa, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kondisi pandemi Covid- 19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam membentuk karakter bangsa. Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengan tatap muka, sehingga menjadi tantangan guru dalam proses pendidikan karakter tersebut. Maka dalam hal ini peneliti, meneliti tentang guru dalam membentuk kerakter siswa pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini (1) Bagaimana guru dalam membentuk karakter siswa yang jujur pada pembelajaran daring di MI tarbiyatussibyan kalidawir Tulungagung?, (2) Bagaimana guru dalam membentuk karakter siswa yang disiplin pada pembelajaran daring di MI tarbiyatussibyan kalidawir Tulungagung?, (3) Bagaimana guru dalam membentuk karakter siswa yang tanggungjawab pada pembelajaran daring di MI tarbiyatussibyan kalidawir Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan guru dalam membentuk karakter siswa yang jujur pada pembelajaran daring, (2) Untuk mendeskripsikan guru dalam membentuk karakter siswa yang disiplin pada pembelajaran daring, (3) Untuk mendeskripsikan guru dalam membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab pada pembelajaran daring. Hasil Penelitiannya: (1) Guru dalam membentuk karakter siswa yang jujur pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatussibyan dilakukan dengan cara guru harus selalu menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik, guru selalu menjadi contoh atau tauladan yang baik untuk peserta didiknya, guru memberikan hukuman dan apresiasi kepada peserta didik, dan guru selalu membiasakan peserta didik untuk berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-harinya. (2) Guru dalam membentuk karakter siswa yang disiplin pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatussibyan dilakukan dengan cara pemberian nasehat kepada peserta didik tentang pentingnya sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari, pemberian dan pengumpulan tugas dengan batasan waktu, dan memberikan reward maupun punishment yang sifatnya membangun guna melatih kedisiplinan siswa terhadap apa yang telah mereka lakukan. (3) Guru dalam membentuk karakter siswa yang tanggung jawab pada pembelajaran daring di MI Tarbiyatussibyan dilakukan dengan cara memberikan peserta didik kewajiban untuk bertanggung jawab dari semua tindakannya, mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, peserta didik ikut berperan aktif dalam pembelajaran daring.xii ABSTRACT LIANA LUTHFIYAH, 12205173315, The Teacher to Shape Students Character in Online Learning at Tarbiyatussibyan Islamic Elementary School Kalidawir Tulungagung, Islamic Elementary School Departement, Faculty of Tarbiyah and Teaching Training, Sayyid Ali Rohmatullah Islamic University Tulungagung, Advisor by: Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S. Ag., M.Pd. Keywords: Students Character, Online Learning. This research was motivated by phenomenom of Covid-19 Pandemic now, it can be defience for education earth especially formal education to shape nation character. The learning is not dominating by face to face, so it become defience for teachers in character learning process. So, the researcher will search about teacher to shape student character in online learning at Tarbiyatussibyan Islamic Elementary School Kalidawir Tulungagung. Focusses of this research were (1) How is the teacher to shape honest students character in online learning at Tarbiyatussibyan Islamic Elementary School Kalidawir Tulungagung? (2) How is the teacher to shape discipline students character in online learning at Tarbiyatussibyan Islamic Elementary School Kalidawir Tulungagung? (3) How is the teacher to shape responsible students character in online learning at Tarbiyatussibyan Islamic Elementary School Kalidawir Tulungagung? The porposes of this research were (1) to discribe the teacher to shape honest students character in online learning, (2) to describe the teacher to shape discipline students character in online learning, (3) to describe the teacher to shape responsible students character in online learning. The research results: (1) The teacher to shape honest students character in online learning at Tarbiyatussibyan Islamic Elementary School was done by the way the teacher must always having good communication with the parents of students, the teacher always give good role model for the students, the teacher gives punishment and appreciation to the students, and teachers always familiarize students to behave honestly in their daily. (2) The teacher to shape discipline students character in online learning at Tarbiyatussibyan was done by giving advice to students about the importance of discipline in daily life, giving and collecting assignments with time limits, and providing constructive rewards and punishments to train discipline. students for what they have done. (3) The teacher to shape responsible students character in online learning at Tarbiyatussibyan done by giving students the obligation to be responsible for all their actions, collecting assignments on time, students taking an active role in online learning

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173315 LIANA LUTHFIYAH
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:41
Last Modified: 04 Jul 2022 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26823

Actions (login required)

View Item View Item