KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN (STUDI MULTI KASUS DI MA MA'ARIF NU KOTA BLITAR DAN SMA MAMBA'US SHOLIHIN KABUPATEN BLITAR)

muhamad, khoirul (2015) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN (STUDI MULTI KASUS DI MA MA'ARIF NU KOTA BLITAR DAN SMA MAMBA'US SHOLIHIN KABUPATEN BLITAR). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. MOTTO.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan (Studi Multi Kasus di MA Ma’arif NU Kota Blitar dan SMA Mamba’us Sholihin Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Muhamad Khoirul Umam dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M. Ag. dan Dr. H. Nur Efendi, M. Ag. Kata Kunci: Kebijakan, Motivasi, Faktor-faktor penghambat Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah di kedua lembaga pendidikan yang memiliki kesamaan yakni sama-sama merupakan sekolah formal yang berbasis pesantren yang kontras terhadap perwujudan dari lembaga pendidikan. Dalam rangka melakukan peran dan fungsinya sebagai pemimpin, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas tenaga administrasi melalui kerjasama atau kooperatif, memberi kesempatan kepada tenaga administrasi untuk meningkatkan profesinya dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga administrasi dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1. Bagaimana Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan?, 2. Bagaimana Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan?, 3. Apa saja Faktor-faktor penghambat Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan serta cara mengatasinya?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami hakikat dari sebuah kepemimpinan dan peran kepala sekolah dalam lembaga pendidikan Islam. Konsep kepemimpinan dan peran kepala sekolah dalam lembaga pendidikan Islam menjelaskan bahwa kepala sekolah diharapkan dapat menyusun program sekolah yang efektif. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian deskriptif kualitatif, oleh sebab itu metode pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk multi kasus, menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan multi kasus, analisis dengan pendekatan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan rancangan multi kasus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan multi kasus. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan terdapat pada pembentukan karakter dalam bentuk kedisiplinan serta keteladanan yakni dengan pengolahan kesadaran warga sekolah keseluruhannya. 2) Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan terdapat pada sikap yang selalu tanggap dari kepala sekolah terhadap bawahanya dengan memberi dorongan, bimbingan, pengarahan, pelatihan, dan penghargaan atas prestasi kerja. 3) Faktor-faktor penghambat Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Tenaga Kependidikan serta cara mengatasinya terdapat pada kedisiplinan serta ketertiban dalam bekerja. Dalam mengatasinya kepala sekolah dengan memberlakukan sikap keteladanan bagi semua warga sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: khoirul umam muhamad
Date Deposited: 26 Nov 2015 04:26
Last Modified: 26 Nov 2015 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item