ALFI AL-FADLIYATI, 12205173125 (2022) SRTATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI DI SD PLUS AL HARUN GROGOL KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (398kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (481kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (325kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (399kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Alfi Al Fadliyati, 12205173125, Srtategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV Pada Masa Pandemi Di Sd Plus Al Harun Grogol Kediri, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, Pembimbing : Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Motivasi, Minat Belajar, Tematik Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Tematik siswa. Motivasi belajar sendiri terdapat dua macam, motivasi dari dalam (intrinsik), dan motivasi dari luar (ekstrinsik). Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena peserta didik akan belajar dengan sungguh sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi., untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Dalam Memberi Motivasi untuk menumbuhkan minat Belajar Tematik siswa kelas IV pada masa pandemi di SD Plus Al Harun Grogol Kediri?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan strategi guru dalam memberi motivasi untuk menumbuhkan minat belajar tematik siswa kelas IV pada masa pandemi di SD Plus Al Harun Grogol Kediri?, (3) Bagaimana implikasi dari strategi motivasi yang diberikan oleh guru dalam menumbuhkan minat belajar tematik siswa kelas IV pada masa pandemi di SD Plus Al Harun Grogol Kediri?. Jenis pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Karena penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Lokasi penelitian berada di SD Plus Al Harun Grogol Kediri. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan orang tua siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data displai, dan verifikasi data. Teknik analisis data disajikan secara tertulis, serta menarik kesimpulan secara rinci pokok temuan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trigulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu strategi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya (1) Penerapan metode belajar yang bervariasi, (2) Pujian yang diberikan oleh guru maupun orang tua, (3) teguran awal yang diberikan oleh guru apabila terdapat siswa yang melakukan pelanggaran, (4) Nasihat bagi siswa, (5) Hukuman jika siswa melakukan pelanggaran,. faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi guru untuk meningkatkan minat belajar siswa diantaranya (1) Faktor internal dari siswa yaitu ketertarikan siswa dalam mempelajari suatu hal, (2) Penggunaan strategi pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran, (3) Dukungan dari berbagai pihak antara lain keluarga, guru, kepala sekolah, teman bermain dan lingkungan sekitar. Faktor penghambat dari strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain: (1) tingkat kecerdasan siswa yang berbeda beda, (2) Motivasi siswa yang ada pada diri siswa tidak tumbuh karena ketidak percayaan diri, (3) perbedaan gaya belajar setiap siswa, (4) Perbedaan karakter siswa yang berpengaruh terhadap tersampaikan atau tidaknya penyampaian dari guru. Implikasi yang didapat dari strategi guru dalam memberi motivasi untuk meningkatkan minat belajar di SD Plus Al Harun Grogol Kediri, antara lain: (1) Peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, seperti peningkatan nilai pada tes yang diberikan atau keterampilan siswa yang meningkat, (2) Kedisiplinan siswa, seperti dalam pengumpulan tugas tepat waktu, (3) Ketertarikan siswa dalam mempelajari suatu masalah, (4) Antusiasme siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Motivasi Belajar Pandemi Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173125 Alfi Al Fadliyati |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:47 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26851 |
Actions (login required)
View Item |