HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK BAITUL IZZA DESA SERUT KECAMATAN BOYOLANGU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FAIZ PUGUH KUSTANTIYO, 12204173212 (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK BAITUL IZZA DESA SERUT KECAMATAN BOYOLANGU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Baitul Izza Desa Serut Kecamatan Boyolangu Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Faiz Puguh Kustantiyo, NIM. 12204173212, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Tulungagung, dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika Dalam belajar seseorang dikatakan berhasil bila mendapat hasil belajar yang baik, itu semua dikarenakan beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kecerdasan emosional yang terdapat dalam diri siswa. Kecerdasan emosional adalah kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol tindakan, berempati serta kemampuan bekerja sama dengan sekitarnya. Tindakan yang positif apabila dalam hal belajar bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK Baitul Izza tahun ajaran 2020/2021 (2) Untuk mengetahui kategori hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Baitul Izza tahun ajaran 2020/2021 (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Baitul Izza tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Baitul Izza sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK Baitul Izza berada di tingkat sedang dengan kecenderungan persentase sebesar 49% (2) kategori hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Baitul Izza berada di kategori baik dengan kecenderungan persentase sebesar 50% (3) terdapat pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Baitul Izza tahun pelajaran 2020/2021 dengan kontribusi sedang atau dengan persentase sebesar 41,47%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > EQ
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173212 FAIZ PUGUH KUSTANTIYO
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:13
Last Modified: 05 Jul 2022 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26868

Actions (login required)

View Item View Item