NIVIRA DINA CAHYANI, 12205173242 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGENAL GAYA BELAJAR SISWA DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengenal Gaya Belajar Siswa di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Nivira Dina Cahyani, NIM. 12205173242, dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Gaya Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa terdapat perbedaan karakteristik dari diri siswa dan perubahan sistem pembelajaran di SDI Bayanul Azhar. Perbedaan karakteristik siswa juga tentunya terjadi dalam perbedaan gaya belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu mengenal perbedaan gaya belajar pada diri siswa. Karena dengan mengenal gaya belajar siswa., maka guru mampu memberikan perlakuan yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa auditori di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa visual di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa kinestetik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa auditori di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa visual di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa kinestetik di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol, Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menanilisis fenomena, peristiwa, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang, aktifitas sosial secara individu maupun kelompok. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa tipe auditori adalah dengan menerapkan metode ceramah dan metode kelompok. Dalam metode ceramah, guru menjelaskan materi dengan suara lantang dan keras. Guru juga mengirimkan pesan suara ketika pembelajaran daring. (2) Strategi guru daalam mengenal gaya belajar siswa tipe visual adalah dengan cara menejalaskan materi pelajaran dengan menulis di papan tulis dan memberikan media visual. (3) Strategi guru dalam mengenal gaya belajar siswa tipe kinestetik adalah dengan memberikan melakukan praktik. Selain itu, guru memberikan waktu beberapa menit untuk siswa menggerakkan anggota tubuhnya atau berjalan-jalan dikelas jika memungkinkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173242 Nivira Dina Cahyani |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 06:42 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26872 |
Actions (login required)
View Item |