PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung )

JUNI KARTIKA SARI, 12205173121 (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN TIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung ). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Mata Pelajaran TIK untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung)” ini ditulis oleh Juni Kartika Sari, NIM. 12205173121, pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT, TIK, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau yang lebih kita sebut dengan Information and Comunication Technology (ICT) di zaman modern sekarang ini sudah bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita semua, apalagi dengan semakin pesat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi sekarang banyak memberikan pengaruh terutama di dunia pendidikan. Beberapa sekolah sudah ada yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT untuk membantu guru dalam penyampaian materi dan mengenalkan kepada peserta didik tentang TIK. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis ICT diharapkan dapat menunjang sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik (studi kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung)? (2) Bagaimana hasil pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik (studi kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung)?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik (studi kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru TIK, guru wali kelas, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan peabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik (studi kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung) melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan yang berisi tentang a) kemampuan guru dalam mengoperasikan media pembelajaran berbasis ICT, b) ketersediaan sarana prasarana di madrasah, c) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum pandemi Covid-19, d) mengetahui karakteristik peserta didik, e) memilih media pembelajaran berbasis ICT, dan f) menyusun lembar penilaian. Tahap pelaksanaan berisi tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP dengan memanfaatkan media pembelajaran E-learning dengan penggunaan aplikasi yang mendukung berupa whatsapp dan google form. Tahap evaluasi berisi tentang pemberian nilai hasil belajar peserta didik dengan menggunakan tes (tugas harian dan UTS) dan nontes (pembuatan prakarya di rumah). Tahap monitoring berisi tentang upaya pihak madrasah yaitu a) memberikan arahan serta pengetahuan kepada wali murid dan peserta didik, dan b) memberikan motivasi kepada siswa dan pengarahan kepada wali murid tentang pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT. (2) Hasil pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik (studi kasus di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung) yaitu terdapat peningkatan pada prestasi belajar peserta didik yang cukup baik walaupun tidak terlalu signifikan diketahui dari pengumpulan tugas peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173121 JUNI KARTIKA SARI
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:08
Last Modified: 14 Jul 2022 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26874

Actions (login required)

View Item View Item