PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BAGI SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

AINAYA AL FATIHAH, 12208183100 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BAGI SISWA SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (434kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi secara bagi Siswa SMP/MTs Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan” ini ditulis oleh Ainaya Al Fatihah, NIM 12208183100, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, IPA, Biologi, Materi Pencemaran Lingkungan Kegiatan pembelajaran IPA tidak terlepas dari penggunaan perangkat pembelajaran. Ketersediaan perangkat pembelajaran IPA yang sesuai dan mampu memfasilitasi siswa akan membantu pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa. Materi pencemaran lingkungan adalah salah satu materi pada mata pelajaran IPA. Pemberian materi pencemaran lingkungan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman konsep tentang pencemaran lingkungan dan siswa mampu mengaplikasikan konsep-konsep tersebut pada kehidupannya sehari-hari untuk meminimalisir penyebab dan dampak pencemaran lingkungan sekitar baik di air, udara maupun tanah. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan Kelas VII SMP/MTs yang dihasilkan, (2) Mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs yang dihasilkan, (3) Mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan untuk Kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carry yang terdiri dari 10 tahapan yaitu 1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, 2) melaksanakan analisis pembelajaran, 3) mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik siswa, 4) merumuskan tujuan khusus, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi pengajaran, 7) mengembangkan bahan ajar, 8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, 9) merevisi perangkat pembelajaran, dan 10) mendesain dan melakukan evaluasi sumatif. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan terdiri dari RPP dan Modul Pencemaran Lingkungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket validasi, angket keterbacaan, dan tes (pretest dan posttest). Jenis data dalam penelitian ini terdapat data kualitatif yaitu hasil wawancara dan saran dan komentar validator, serta data kuantitatif berupa skor validasi, skor keterbacaan, dan hasil tes (pretest dan posttest). Analisis data menggunakan analisis deskriptif, paired sample t test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII SMP/MTs menghasilkan RPP dan Modul Pencemaran Lingkungan. RPP memuat komponen identitas sekolah (nama satuan pendidikan), identitas mata pelajaran atau tema/ subtema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, KI, KD dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), serta penilaian. Modul Pencemaran Lingkungan memuat komponen sampul depan, daftar isi, pendahuluan, pemetaan kompetensi, petunjuk belajar, peta konsep, kegiatan pembelajaran (tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, rangkuman), evaluasi akhir pembelajaran, kunci jawaban, pedoman penskoran, refleksi, glosarium, daftar pustaka, dan sampul belakang. 2) Berdasarkan hasil validasi, RPP mendapatkan rata-rata persentase nilai sebesar 98,49% dari ahli dan 93,94% dari guru bidang IPA. Modul Pencemaran Lingkungan mendapat rata-rata persentase 85,87% dari ahli materi, 96,875% dari ahli media, 91,30% untuk aspek materi dan 90,63% untuk aspek media dari guru bidang IPA. Uji keterbacaan Modul Pencemaran Lingkungan mendapatkan rata-rata persentase nilai sebesar 78,47% dengan kategori baik. Secara keseluruhan RPP mendapatkan rata-rata persentase penilaian sebesar 96,22% dan modul mendapatkan rata-rata persentase nilai sebesar 88,05%, dimana kedua persentase RPP dan modul pencemaran tersebut termasuk dalam kualifikasi sangat baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 3) Efektivitas perangkat pembelajaran IPA yang dihasilkan dilihat dari analisis data tes (pretest-posttest) kelas eksperimen (30 siswa kelas VII B MTs Al-Ma’arif Tulungagung) menggunakan uji paired sample t test dan uji N-gain menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya penggunaan perangkat pembelajaran IPA berupa RPP dan modul pencemaran lingkungan pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran, serta N-gain mendapatkan skor sebesar 0,54 yang menunjukkan keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran IPA dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183100 AINAYA AL FATIHAH
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:49
Last Modified: 05 Jul 2022 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item View Item