HUSNUL MAHFUDHAH, 12201173204 (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI BP) BERBASIS ONLINE PADA MASA PANDEMI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Durenan, Trenggalek). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti (PAI BP) Berbasis Online pada Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2020/2021 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Durenan, Trenggalek)” ditulis oleh Husnul Mahfudhah, NIM. 12201173204, Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci: Strategi Guru, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Online, Adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia mengakibatkan berbagai sektor kehidupan terdampak. Salah satunya yaitu sektor pendidikan. Tak terkecuali sistem pembelajaran di sekolah yang semula tatap muka menjadi online. Hal ini juga berlaku pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Durenan. Pembelajaran PAI BP online ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi whatsapp, dan google classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaplikasian strategi discovery learning dalam pembelajaran PAI BP berbasis online menggunakan aplikasi google classroom dan whatsapp pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Durenan, Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Kemudian untuk teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan temuan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi discovery learning dalam pembelajaran PAI BP berbasis online menggunakan aplikasi google classroom terdiri dari beberapa langkah. Dimulai dari tahap persiapan, yaitu penyampaian tujuan pembelajaran. Kedua, tahap stimulasi dengan cara guru PAI BP memulai kegiatan pembelajaran dengan menganjurkan membaca dan memahami dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Ketiga, identifikasi masalah. Peserta didik mengidentifikasi permasalahan yang relevan dengan materi. Tahap keempat pengumpulan data, peserta didik mencari dan mengumpulkan informasi yang relevan dari berbagai sumber yang ada. Tahap kelima pengolahan data, peserta didik memadupadankan informasi yang relevan dengan materi dan jawaban singkat yang dibuat). Tahap keenam pembuktian, peserta didik mencocokkan rumusan hipotesis dengan informasi yang berhasil ditemukan; Tahap yang terakhir penarikan kesimpulan, peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan informasi yang diperoleh. Strategi discovery learning dalam pembelajaran PAI BP berbasis online menggunakan aplikasi whatsapp ini terdiri dari satu langkah, yaitu tahap pengumpulan data. Pada tahap ini peserta didik bertanya dan berdiskusi seputar informasi yang sudah diperoleh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan > Guru Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173204 HUSNUL MAHFUDHAH |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 06:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26907 |
Actions (login required)
View Item |