STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NU KOTA BLITAR

AMRULLAH ABROR APRILIANTO, 17201163079 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Strategi Guru Untuk Mengembangkan Budaya Disiplin Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar,” ditulis oleh Amrul Abror, NIM.17201163079, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Budaya Disiplin, Peserta Didik Karakter disiplin merupakan sebuah karakter penting yang harus dimiliki oleh seseorang guna meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Termasuk peserta didik penting untuk memiliki jiwa disiplin, untuk itu diperlukan seorang guru yang mampu melaksanakan pendidikan dan pembinaan agar siswanya memiliki karakter disiplin. Sehingga penting bagi guru untuk menerapkan strategi untuk menumbuhkan kesadaran disiplin siswa. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena didalam agama islam sendiri tidak hanya dituntut mengerjakan keimanan saja, akan tetapi agama islam sendiri mengajarkannya dalam hal pembuktian secara langsung. Islam sediri juga mengajarkan perintah Allah dan menjahui larangan-nya. Diantara perintah Allah yang harus dikerjakan yaitu disiplin dalam semua hal tentang kebaikan. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk-bentuk budaya disiplin siswa yang terdapat di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar?, 2) Bagaimana strategi dalam mengembangkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar?, 3) Bagaimana hambatan strategi guru dalam menanamkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Rancangan penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang disusun berdasarkan tingkah laku subjek, data lisan serta dokumentasi yang diamati secara menyeluruh dan apa adanya sesuai dengan apa yang terjadi di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bentuk-bentuk budaya disiplin siswa yang terdapat di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar pada dasarnya yaitu diartikan sebagai cara berfikir dan cara bertindak warga sekolah yang didasarkan atas nilainilai religius (keagamaan). Beberapa bentuk budaya yaitu: a) Budaya pengunaan peci sebagai latihan kedisiplinan dan identitas. b) Budaya disiplin dalam kegiatan pembelajaran kelas. c) Budaya tata krama dan kesopanan, dan d) Budaya kepatuhan dalam aturan sekolah. 2) Strategi dalam mengembangkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar, yaitu: a) Pendekatan emosianal pada anak didik. b). Pemberian teguran dan sanksi pada pelanggaran yang dilakukan peserta didik, dan c) Pelaksanaan shalat berjamaah. Ketiga strategi pengembangan budaya disiplin tersebut merupakan sebuah kesatuan yang berhubungan dengan aspek internal dan eksternal peserta didik. 3) Hambatan strategi guru dalam menanamkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’rif NU Kota Blitar, yaitu terjadi dalam faktor internal maupun eksternal peserta didik. a) Faktor internal yaitu berupa gangguan dari dalam diri siswa sendiri. b) faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan teman-teman sebaya, dan faktor dari segi keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163079 AMRULLAH ABROR APRILIANTO
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:09
Last Modified: 15 Jul 2022 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item