MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Probolinggo)

ACHMAD RIDHO'I, 12207183006 (2022) MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) DALAM MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Probolinggo). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Indo, Inggris, Arab).pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (411kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Peserta Didik (Strudi Kasus di SMK Negeri 1 Probolinggo Jawa Timur)” ini ditulis oleh Achamad Ridho’i, NIM.12207183006, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, dibimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Manajemen Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha, Peserta Didik Manajemen kewirausahaan sebagai disiplin ilmu yang sesuai dengan pembentukan sumberdaya manusia yang unggul. Manajemen kewirausahaan adalah pendayagunaan potensi ekonomis secara kreatif, inovatif, dan dengan keberanian menghadapi resiko untuk mendapatkan laba yang berguna mensukseskan program dalam organisasi pendidikan. Dalam konteks pendidikan, wirausaha merujuk pada kondisi ketika seseorang membuat suatu keputusan yang mendorong terbentuknya sistem kegiatan yang mandiri dan sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan sekolah sebagaimana membangun jiwa yang berkompetensi di bidang wirausaha dalam dunia pendidikan. Hal ini pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang mandiri yang memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga setelah lulus tidak menjadi beban masyarakat. Berdasarkan masalah-masalah yang terjadi didalam dunia pendidikan saat ini maka dunia pendidikan perlu adanya inovasi terhadap kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan zaman ketika tamat belajar dan memasuki dunia kerja. Di SMK Negeri 1 Probolinggo para siswa di bimbing untuk melakukan kegiatan belajar mengajar berwirausaha sebagai bentuk pembentukan karakter peserta didik supaya mempunyai jiwa berwirausaha. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo? (2) Bagaimana pelaksanaan kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo? (3) Bagaimana evaluasi kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo? (2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo? (3) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan keterpercayaan (credibility) dengan cara perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, dan member check, kemudian dengan keteralihan (transferbility), kebergantungan (dependability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kewirausahaan untuk membentuk jiwa wirausaha peserta didik merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan sebelum menjalankan sebuah program. Pada perencanaan ini diawali dengan program kewirausahaan berdasarkan kurikulum dan memiliki bidang keahlian bisnis manajemen. Kurikulum yang terfokuskan pada program kewirausahaan akan di terapkan kepada peserta didiknya melalui proses pembelajaran di kelas serta pengimplementasian di lapangan berdasarkan praktek. Sekolah juga memiliki bidang keahlian yang disebut dengan bisnis manajemen, hal ini sebuah karakter yang harus dikembangkan oleh SMK Negeri 1 Probolinggo dengan berbasis Entrepreneur. (2) Pelaksanaan kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMKN 1 Probolinggo merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara pembelajaran dan pengembangan. Pada pembelajaran kewirausahaan tersebut langsung di aplikasikan dalam bentuk praktek berupa kegiatan pembuatan produk yang mempunyai nilai ekonomis sehingga mempunyai harga jual. Siswa dibentuk kelompok untuk menjalankan bisnis kecil dengan membuat produk sendiri seperti pepeye bayam dan makanan lainnya sihingga menuju proses penjualan atau pemasaran. Begitu juga siswa berperan aktif didalam Bussines Center. (3) Eevaluasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan kontrol terhadap kinerja organisasi. Pada pengevaluasian kewirausahaan dalam pembentukan jiwa wirausaha peserta didik di SMK Negeri 1 Probolinggo, yakni melihat kendala apa yang dialami oleh siswa pada saat pelaksanaan program kemudian perlu dilakukan perbaikan terhadap kendala yang terjadi dan dijadikan sebagai pedoman dalam kegiatan selanjutnya. Untuk mengukur keberhasilan siswa dalam program yang dilaksanakan, yaitu mengevaluasi nilai siswa berdasarkan income yang dihasilkan oleh siswa selama praktek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183006 Achmad Ridho'i
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:46
Last Modified: 06 Jul 2022 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26935

Actions (login required)

View Item View Item