PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA DARUL HIKMAH

AKMAT RIANTO, 12204183163 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA DARUL HIKMAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Darul Hikmah” ini ditulis oleh Akmat Rianto, NIM 12204183163, Fakultas Tadris dan Ilmu Keguruan, Dosen Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Minat, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya asumsi negatif yang dimiliki siswa mengenai pelajaran matematika. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar matematika, sehingga hasil belajar matematika juga masih dibawah rata-rata KKM. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar minat dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan permasalahan. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI MA Darul Hikmah. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Darul Hikmah. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Darul Hikmah. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MA Darul Hikmah. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik non probability sampling. Kelas XI A IPA terpilih sebagai kelas eksperimen yang dipengaruhi model Problem Based Learning. Kelas XI A IPS terpilih sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini diambil dari hasil angket minat dan nilai Post-Test kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI MA Darul Hikmah. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Darul Hikmah. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,016<0,05 (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Darul Hikmah. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga H o ditolak dan H 1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183163 AKMAT RIANTO
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:39
Last Modified: 07 Jul 2022 05:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26961

Actions (login required)

View Item View Item