STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS IT (INFORMATION AND TECHNOLOGIES) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 7 BLITAR

ENRICO ADETYANTO NUGROHO, 12205173208 (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS IT (INFORMATION AND TECHNOLOGIES) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 7 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Nugroho, Enrico Adetyanto. 12205173208. 2022. “Strategi Guru dalam Pemanfaatan media Berbasis IT (Information and Technologies) pada Mata Pelajaran Tematik Siswa di MIN 7 Blitar” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Guru, Pelajaran Tematik, IT (Information and Technologies) Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan zaman sudah banyak berubah kemajuan teknologi sudah tidak terbendung lagi dan sudah sedemikian majunya, tidaklah pada tempatnya lagi jika penyampaian pesan-pesan pendidikan masih secara verbal atau kata-kata belaka. Pendidikan harus selalu sejalan dengan kemajuan zaman dan cara manusia menggunakan semua alat yang ada serta dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran disekolah menjadi lebih efektif. Hal ini dapat kita tahu dengan banyaknya produk digital teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pendidikan konvensional mulai bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran modern. Tak terkecuali pada MIN 7 Blitar yang juga mulai beralih pada pemanfaatan platform digital sebagai sarana dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Media berbasis IT (Information and Technologies) merupakan media pembelajaran daring yang cukup menjadi solusi utama dari tuntutan dalam proses pembelajaran di zaman yang kian maju saat ini. Oleh karena itu, pemilihan media berbasis IT (Information and Technologies) sebagai media pembelajaran di MIN 7 Blitar, terutama pada mata pelajaran Tematik dirasa sebagai pilihan yang tepat, mengingat banyak sekali yang bisa dimanfaatkan lebih dan tentu saja mudah diakses oleh seluruh siswa. Di mana sekolah tersebut harus menggunakan pembelajaran daring serta permasalahan adanya pandemi virus Covid-19 dari strategi guru dalam pembelajaran tematik menggunakan media berbasis IT (Information and Technologies). Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1)Bagaimana pemanfaatan media audio berbasis IT (Information and Technologies) pada mata pelajaran Tematik siswa di MIN 7 Blitar? 2)Bagaimana pemanfaatan media visual berbasis IT (Information and Technologies) pada mata pelajaran Tematik siswa di MIN 7 Blitar 3) Bagaimana pemanfaatan media audio visual berbasis IT (Information and Technologies) pada mata pelajaran Tematik siswa di MIN 7 Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru dalam pemanfaatan media berbasis IT (Information and Technologies) pada mata pelajaran tematik siswa di MIN 7 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif yaitu data yang diperoleh berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama dengan media audio menggunakan fitur Voice Note pada aplikasi Whatsapp, dirasa efektif dan efisien karena hampir semua memiliki aplikasi Whatsapp serta penggunaannya dapat menekan penggunaan kuota internet. Kedua dengan media visual menggunakan e-learning madrasah dipadukan dengan aplikasi WhatsApp dan juga Google Form disesuaikan dengan kondisi masing-masing, Ketiga menggunakan aplikasi YouTube yang efektif dan efisien dalam pembelajaran karena bisa mendengar sekaligus melihat secara bersamaan melalui tayangan video.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Teknologi Informasi
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173208 ENRICO ADETYANTO NUGROHO
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:24
Last Modified: 08 Jul 2022 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26999

Actions (login required)

View Item View Item