Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014

Suci, Handayani (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: belajar, model kooperatif tipe STAD dan hasil belajar. Masalah pelik dalam dalam dunia pendidikan Indonesia adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di sekolah karena matematika dianggap momok yang menakutkan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak yang peduli terhadap matematika sekolah. Meskipun demikian kesulitan belajar matematika masih dialami oleh kebanyakan siswa dan mutu pendidikan masihlah rendah. Hal ini mungkin disebabkan karena pembelajaran masih didominasi oleh guru, cara penyajiannya kurang disenangi oleh siswa, atau siswa kurang memahami konsep-konsep hitung dan kurang dalam penguasaan materi prasarat. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak, serta menggunakan model mengajar yang tepat untuk menanamkan konsep bilangan bulat dan menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan. Karena matematika yang abstrak, sangat sulit dicerna oleh anak SD/MI yang masih dalam tahap berfikir rasional konkrit. Dengan berorientasi pada realita dan lingkungan tersebut peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada sub bab operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek tahun ajaran 2013/2014; 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika pook bahasan operai hitung bilangan bulat kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek tahun ajaran 2013/2014 Tujuan penelitian ini adalah 1). Menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebagai upaya peningkaan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. 2). Mendiskripsikan pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika poko bahasan xxii operasi hitug bilangan bulat siswa kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 15 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divison (STAD) sangat efektif diterapkan pada siswa kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek bidang studi matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat, 2) Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN V Jombok Pule Trenggalek pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat. Dari rata-rata hasil tes awal 38,92 meningkat menjadi 57,50 pada tes akhir tindakan siklus I, dan semakin meningkat lagi pada tes akhir tindakan siklus II menjadi 70,43. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 14,28% pada saat tes awal, menjadi 57,14% pada siklus I dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 92,85%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 03:02
Last Modified: 30 Sep 2014 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item