VIRGI ANDJAR SARI SAKTI, 12208173112 (2021) PENGARUH PERMAINAN TEBAK GAMBAR DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA MATERI SEL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (497kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) yang monoton membuat siswa menjadi pasif, dan merasa bosan. Hal ini dikarenakan siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru tanpa aktif ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif seperti pembelajaran berbasis game. Permainan dimaksudkan untuk membangun suasana belajar yang menarik, penuh semangat, dan antusiasme. Media visual juga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Media flash card termasuk media visual kartu bergambar sebagai alat bantu belajar siswa. Sehingga permainan tebak gambar dengan media flash card dapat membantu dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari, 2) Untuk mengetahui pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari, 3) Untuk mengetahui pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa metode angket dan tes (post-test). Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 dan nilai rata – rata angket minat pada kelas eksperimen 46,17 sedangkan kelas kontrol 44,93. 2) Ada pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 dan nilai rata – rata post-test pada kelas eksperimen 84,22 sedangkan kelas kontrol 70,66. 3) Ada pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Biologi > Sel Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Skripsi 12208173112 VIRGI ANDJAR SARI SAKTI |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:40 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27019 |
Actions (login required)
View Item |