PENGARUH PERMAINAN TEBAK GAMBAR DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA MATERI SEL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI

VIRGI ANDJAR SARI SAKTI, 12208173112 (2021) PENGARUH PERMAINAN TEBAK GAMBAR DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA MATERI SEL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (497kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) yang monoton membuat siswa menjadi pasif, dan merasa bosan. Hal ini dikarenakan siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru tanpa aktif ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif seperti pembelajaran berbasis game. Permainan dimaksudkan untuk membangun suasana belajar yang menarik, penuh semangat, dan antusiasme. Media visual juga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Media flash card termasuk media visual kartu bergambar sebagai alat bantu belajar siswa. Sehingga permainan tebak gambar dengan media flash card dapat membantu dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari, 2) Untuk mengetahui pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari, 3) Untuk mengetahui pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa metode angket dan tes (post-test). Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 dan nilai rata – rata angket minat pada kelas eksperimen 46,17 sedangkan kelas kontrol 44,93. 2) Ada pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 dan nilai rata – rata post-test pada kelas eksperimen 84,22 sedangkan kelas kontrol 70,66. 3) Ada pengaruh permainan tebak gambar dengan media flash card pada materi sel terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari dengan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Biologi > Sel
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Skripsi 12208173112 VIRGI ANDJAR SARI SAKTI
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:40
Last Modified: 11 Jul 2022 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27019

Actions (login required)

View Item View Item