KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG

LAELA KARTIKA, 12207183066 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang” ini di tulis oleh Laela Kartika, NIM. 12207183066. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag., NIP. 19751211 200212 2 001. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Pendidik dan Kependidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta atau peristiwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Seorang pemimpin mempunyai peran yang sangat penting, baik dalam meningkatkan kinerja maupun mengelola lembaga pendidikan, guna untuk mewujudkan suatu keberhasilan dalam lingkup organisasi terutama lembaga pendidikan. Kepemimpinan visioner diharapkan dapat membawa implikasi positif bagi lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implikasi atau hasil kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Peneliti melihat berdasarkan kepemimpinan visioner dapat membawa pengaruh positif dalam kinerja guru atau pegawai dapat dilihat dapat berjalan dengan sangat baik, bertanggungjawab, pelayanan administrasi yang baik. Lembaga pendidikan tersebut ialah Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang, sehingga peneliti tertarik untuk mengangkat tema tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Jombang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana potret kepemimpinan kepala madrasah di MAN 2 Jombang ?; 2) Bagaimana kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Jombang ?; 3) Bagaimana implikasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Jombang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini fenomenologis (mengamati peristiwa/kejadian sesuai dengan fakta di lapangan). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya Kepala Madrasah, Waka Akademik, Ketua Tata Usaha (KTU), dan Tenaga Pendidik (guru). Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kuaitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat di tarik adalah sebagai berikut: 1) potret kepemimpinan kepala madrasah di MAN 2 Jombang dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan meliputi penerapan salah satunya gaya kepemimpinan visoner dan menjalin komunikasi yang baik dan harmonis dengan pengelola pendidikan pada setiap kegiatan dan sehari-hari; 2) Kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 jombang berpijak pada penerapan 5 budaya kerja; Integritas, Professional, Inovasi, Bertanggungjawab, dan Ketauladanan. kemudian kinerja agar berjalan maksimal maka harus ada persiapan yang harus di siapkan sebelum memulai bekerja; 3) implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan meliputi implikasi kepemimpinan visioner membawa implikasi atau dampak positif diantaranya madrasah yang unggul dengan banyak prestasi, tenaga pendidik dan kependidikan dapat mengembangkan kemampuan yang berkompeten dan berprestasi, serta pelayanan administrasi menjadi lebih baik tepat waktu, tanggungjawab dan mempunyai etika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207183066 LAELA KARTIKA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:10
Last Modified: 11 Jul 2022 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27023

Actions (login required)

View Item View Item