LAELA KARTIKA, 12207183066 (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang” ini di tulis oleh Laela Kartika, NIM. 12207183066. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag., NIP. 19751211 200212 2 001. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Pendidik dan Kependidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta atau peristiwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Seorang pemimpin mempunyai peran yang sangat penting, baik dalam meningkatkan kinerja maupun mengelola lembaga pendidikan, guna untuk mewujudkan suatu keberhasilan dalam lingkup organisasi terutama lembaga pendidikan. Kepemimpinan visioner diharapkan dapat membawa implikasi positif bagi lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implikasi atau hasil kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Peneliti melihat berdasarkan kepemimpinan visioner dapat membawa pengaruh positif dalam kinerja guru atau pegawai dapat dilihat dapat berjalan dengan sangat baik, bertanggungjawab, pelayanan administrasi yang baik. Lembaga pendidikan tersebut ialah Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang, sehingga peneliti tertarik untuk mengangkat tema tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Jombang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana potret kepemimpinan kepala madrasah di MAN 2 Jombang ?; 2) Bagaimana kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Jombang ?; 3) Bagaimana implikasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 Jombang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini fenomenologis (mengamati peristiwa/kejadian sesuai dengan fakta di lapangan). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya Kepala Madrasah, Waka Akademik, Ketua Tata Usaha (KTU), dan Tenaga Pendidik (guru). Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kuaitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat di tarik adalah sebagai berikut: 1) potret kepemimpinan kepala madrasah di MAN 2 Jombang dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan meliputi penerapan salah satunya gaya kepemimpinan visoner dan menjalin komunikasi yang baik dan harmonis dengan pengelola pendidikan pada setiap kegiatan dan sehari-hari; 2) Kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 2 jombang berpijak pada penerapan 5 budaya kerja; Integritas, Professional, Inovasi, Bertanggungjawab, dan Ketauladanan. kemudian kinerja agar berjalan maksimal maka harus ada persiapan yang harus di siapkan sebelum memulai bekerja; 3) implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan meliputi implikasi kepemimpinan visioner membawa implikasi atau dampak positif diantaranya madrasah yang unggul dengan banyak prestasi, tenaga pendidik dan kependidikan dapat mengembangkan kemampuan yang berkompeten dan berprestasi, serta pelayanan administrasi menjadi lebih baik tepat waktu, tanggungjawab dan mempunyai etika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207183066 LAELA KARTIKA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:10 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27023 |
Actions (login required)
View Item |