PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI MTs NEGERI 8 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NICKEN IMPI EKA SARI, 12204173197 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI MTs NEGERI 8 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Hasil Belajar Pada Materi Statistika Kelas VIII Di MTs Negeri 8 Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Nicken Impi Eka Sari, NIM. 12204173197, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran Means-Ends Analysis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Hasil Belajar. Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi membuat siswa pasif baik dalam mengerjakan tugas serta ketika kegiatan pembelajaran. Akibatnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah dan hasil belajar menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dan variansi dalam kegiatan pembelajaran matematika. Banyaknya model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan hasil belajar matematika, salah satunya adalah model pembelajaran Means-Ends Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 8 Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 8 Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 8 Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) Posttes-Only Control Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive dengan sampel yang didapat adalah kelas VIII-D yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian untuk teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan : 1) Observasi untuk mengetahui permasalahan di MTs Negeri 8 Blitar, 2) Tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan hasil belajar, 3) Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan : 1) Uji T-test (Independent Sampling Ttest), 2) Uji T-test (Independent Sampling T-test), 3) Uji effect size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 8 Blitar. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 8 Blitar. 3) Ada besar pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan hasil belajar pada materi statistika kelas VIII di MTs Negeri 8.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173197 NICKEN IMPI EKA SARI
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:17
Last Modified: 11 Jul 2022 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27035

Actions (login required)

View Item View Item