ZAHROATUS SHOLIKAH, 12201183338 (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (442kB) | Preview |
Abstract
Zahroatus Sholikah, 12201183338, Strategi Guru PAI dalam Menerapan Nilai Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Masa Pandemi Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr.Khoirul Anam M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik. Konteks penelitian didasari fenomena yang marak terjadi pada saat ini adalah masalah tanggung jawab pada peserta didik. Untuk mengurangi fenomena tersebut perlu strategi penerapan karakter yang dilakukan guru di sekolah untuk menanamkan karakter tanggung jawab dan membentuk kepribadian yang baik dalam diri peserta didik. Budaya yang ada di MTs Al Huda Bandung Tulungagung ini sangat berbeda dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada umumnya, meski sekolah swasta, sekolah ini lebih unik, menarik dan lebih diunggulkan dalam segi religiusnya dari sekolah lainnya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan sudah cukup baik dan menarik. Budaya-budaya yang ditanamkan dalam sekolah ini mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan karakter siswanya sehingga siswa memiliki jiwa sosial yang baik. Dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik, para guru telah menerapkan strategi dengan baik serta inovatif, sehingga dalam pengamalannya sangat baik digunakan dalam membentuk karakter siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana strategi pengorganisasian guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pendemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana strategi penyampaian guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pengelolaan guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?. Tujuan dari penelititian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi penyampaian guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda BandungTulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dari tanggal 01 Desember 2021 sampai 14 Januari 2022. Lokasi Penelitian MTsAl Huda Bandung Tulungagung. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data tringulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pengorganisasian guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Guru PAI menerapkan nilai karakter tanggung jawab menggunakan konsep kerja kelompok, guru PAI menerapkan nilai karakter tanggung jawab dengan menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, guru PAI melakukan pemilihan materi yang menarik untuk membentuk karakter peserta didik yang lebih spesifik. (2) Strategi penyampaian guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Guru PAI menerapkan nilai karakter tanggung jawab dengan menggunakan media gambar poster serta papan tulis, guru PAI menerapkan media dengan baik sehingga membuat peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran, guru PAI menciptakan interaksi peserta didik menjadi lebih dekat, guru PAI menjelaskan dengan runtut dan gamblang sehingga peserta didik mudah memahami materi, guru PAI menerapkan nilai karakter tanggung jawab dengan membentuk kelompok dan cara individu. (3) Strategi pengelolaan guru PAI dalam menerapkan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada masa pandemi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Guru PAI menjadwalkan penggunaan strategi dengan jadwal yang kondisional, guru PAI menerangkan materi dengan rasa enjoy serta bahasa - bahasa yang humoris, guru PAI membuatan catatan kemajuan belajar peserta didik menggunakan penilaian yang berisi penilaian spiritual, sosial, keterampilan dan pengetahuan, guru PAI mengelolaan motivasi peserta didik dengan memberikan pengarahan pada waktu selesai sholat dhuha dan guru PAI melakukan kontrol belajar dengan cara membangun kedekatan dengan peserta didik secara lahir dan juga batin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pandemi Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183338 ZAHROATUS SHOLIKAH |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:14 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27036 |
Actions (login required)
View Item |