PENGARUH PENERAPAN MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA PSM PUCUNGLOR NGANTRU TULUNGAGUNG

ASMAU'UL CHOIRIYAH, 12206173035 (2022) PENGARUH PENERAPAN MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA PSM PUCUNGLOR NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Media Sempoa Terhadap Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Kelompok B Di RA PSM Pucunglor Ngantru Tulungagung”, ditulis oleh Asma’ul Choiriyah. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. NIM 1220673035. Dosen pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata kunci: Penggunaan Media Sempoa, Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan berhitung penjumlahan dan pegurangan pada anak kelompok B, kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B dengan angka bilangan 1-10 yang merupakan konsep dasar matematika sederhana. Hal tersebut harus dilalui oleh anak pada usia 5-6 tahun atau kelompok B agar tumbuh kembang kognitif anak menjadi baik dan benar. salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan yaitu media sempoa, supaya menarik minat anak dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B di RA PSM Pucunglor Tulungagung 2) Seberapa besar pengaruh penerapan media sempoa pada anak kelompok B di RA PSM Pucunglor Ngantru Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kisi-kisi instrument penelitian. Jumlah sample dalam penelitian ini yaitu 19 anak dari siswa-siswi RA PSM Pucunglor Ngantru Tulungagung. Data yang diolah dengan menggunakan SPSS 16.0 Hasil dari penelitian ini dapat dilihat pada 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan media sempoa dengan kemampuan berhitung dari hasil uji hipotesis menggunakan uji independent t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,050 = 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara media sempoa dengan kemampuan berhitung. Dari uji N-Gain score dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 59% termasuk dalam kategori sedang, sementara nilai rata-rata kelas kontrol 54% termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media sempoa dengan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S.Pd. 12206173035 ASMA’UL CHOIRIYAH
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:19
Last Modified: 29 Jul 2022 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27043

Actions (login required)

View Item View Item