STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI MAN 2 MOJOKERTO

RIZKI NOVIYANTI, 12201183155 (2022) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI MAN 2 MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Di MAN 2 Mojokerto” ditulis oleh Rizki Noviyanti, NIM 12201183155, pembimbing oleh Bapak Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci: strategi guru Al-Qur’an Hadits, meningkatkan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 2 Mojokerto. Strategi yang dipilih oleh guru Al-Qur’an Hadits adalah Learning Start With A Question (LSQ), karena dalam penerapannya peserta didik diarahkan untuk belajar mandiri dengan membuat pertanyaan berdasarkan materi yang dibahas, kemudian peserta didik berusaha menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut melalui diskusi dengan peserta didik lain dan guru ikut membantu apabila peserta didik mengalami kesulitan mencari jawaban, guru akan membahas materi ketika peserta didik sudah melakukan diskusi dan tanya jawab. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi guru Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 2 Mojokerto? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 2 Mojokerto? 3)Bagaimana evaluasi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 2 Mojokerto? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan kondensasi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa: 1) perencanaan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang pertama dilakukannya yaitu mempersiapkan materi dari sumber belajar dan guru memilih untuk menggunakan strategi Learning Start With A Question, dimana peserta didik diarahkan untuk mandiri dan bisa membuat pertanyaan sekaligus dengan menemukan jawabanya, peserta didik lebih dominan diajari untuk lebih aktifdalam belajar. Guru juga harus mengetahui keunggulan dan kelemahan strategi yang digunakan juga mempertimbangkan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. 2) pelaksanaan guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Strategi Learning Start With A Question sesuai prosedur yaitu peserta didik diminta untuk membaca materi terlebih dahulu, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada yang belum faham, guru membuatkan kelompok presentasi dan diskusi, diadakannya tanya jawab antar kelompok, guru membahas ulang jawaban dari kelompok presentasi dan menerangkan materi agar peserta didik lebih faham. Saat pembelajaran berlangsung peserta didik diminta untuk memperhatikan dan fokus dalam pembelajaran, jika ada yang tidak memperhatikan guru akan memberikan konsekuensi. Untuk peserta didik yang kurang lancar membaca Al-Qur’an dan Hadits akan diberikan pembelajaran khusus dan lebih diperhatikan oleh guru untuk mengetahui perekmbangannya. 3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran sesuai yang sudah direncanakan oleh guru yaitu dengan evaluasi kognitif (mengerjakan soal latihan di LKS), evaluasi lisan, evaluasi hasil diskusi, evaluasi presentasi. Peserta didik yang kurang menguasai materi dan nilainya di bawah KKM akan diberikan remidi untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183155 RIZKI NOVIYANTI
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:19
Last Modified: 11 Jul 2022 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item View Item